Pengalaman saya dengan iPhone 4 32GB

Sesuai janji saya sebelumnya yang sudah lama tertunda, saya akan menjelaskan pengalaman saya dengan iPhone 4 32GB garapan Apple, seperti tulisan saya sebelumnya dengan iPhone 3G 16G dan iPhone 3Gs 32GB, untuk iPhone 4 32GB ini merupakan seri lanjutan dari tulisan tersebut. dan dengan ini, saya mengulas iPhone 4 32 GB sesuai dengan apa yang saya pikirkan saat saya menggunakannya, menggenggamnya dan tidur bersamanya (lohh??). berhubung ini bukanlah blog formal, saya tidak perlu menggunakan bahasa yang rumit, pake bahasa yang mudah dimengerti saja dan enak dibaca, hehe..let’s GO..πŸ˜€

iPhone 4 32GB dan iPod Touch 8GB

iPhone 4 32GB..:D

“Baiklahh, setelah beberapa waktu lalu saya melihat iklan ponsel ini di TV, akhirnya sekarang saya baru bisa memposting ulasan saya mengenai ponsel β€œiPhone tercanggih saat ini”, yaa setidaknya itulah yang biasa saya dengar di iklan ponsel ini, yang tentu saja akan lebih tepat jika dikatakan β€œiPhone tercanggih di Indonesia saat ini..”, hehe abis kan iPhone 4 belum resmi masuk di Indonesia, hehe..”

Nahh, tulisan di atas saya ambil dari postingan saya beberapa bulan yang lalu mengenati iPhone 3GS 32GB, ternyata kejadian serupa terjadi juga pada iPhone 4 32GB, selang beberapa minggu saya melihat iklannya di TV, sekarang saya sudah bisa membuat tulisan tentang iPhone 4 ini.. (mestinya tulisan ini diposting beberapa bulan yang lalu, tapi karena sibuk, baru bisa sekarang.. ~,~)

“Tentu saja bagi para pembaca yang sudah mengikuti blog saya sejak 1 tahun lalu, saya juga sempat membahas tentang iPhone 3G 16GB, nahh Alhamdulillah sekarang saya mendapat kesempatan untuk membahas ponsel canggih yang satu ini.”

tulisan di atas juga saya kutip dari tulisan saya yang sebelumnya, jadi bagi pembaca yang sudah lama bergabung dengan blog saya, pasti sudah membaca tulisan saya mengenai iPhone 3G 16GB dan iPhone 3Gs 32GB, nahh sekarang saya akan menyajikan tulisan saya mengenai iPhone 4 32GB..πŸ˜€ *dan juga ini salah satu janji saya kepada Mbak Tita, untuk membuat ulasan mengenai iPhone 4, duluuu*

N.B : sebelum melanjutkan membaca tulisan saya, mungkin akan beberapa kali De Javu dengan tulisan saya, karena memang saya sengaja membuat tulisan yang ini menyerupai dengan tulisan iPhone 3Gs sebelumnya agar dapat sekaligus membandingkannya..πŸ˜€

“iPhone 3GS 32GB, sekilas desain ponsel ini tak ada bedanya dengan pendahulunya, terutama dengan iPhone 3G, dan memang benar tak ada perbedaan dari desain kedua ponsel tersebut, hanya saja perbedaan dapat kita lihat bila melihat bagian belakang ponsel ini, di belakangnya sekarang ada tulisan β€œiPhone 32GB”, tentu saja angka 32GB berada di bawah tulisan iPhone-nya..”

Tulisan di atas ini sedikit ingin melucu, tapi kayaknya lama-lama jayus juga ya. nahh, kali ini pada iPhone 4, jelas terlihat perbedaan yang sangat mencolok pada desain ponsel, kali ini bagian belakang tidak lagi melengkung dan tidak lagi setebal pendahulunyaa. Namun, oopss..jangan kebanyakan dulu tulisnya di sesi ini, tunggu di sesi selanjutnya..πŸ˜€

 

1. Harga

Kotak iPhone 4 lebih kecill dari sebelumnyaa..

“Awal kemunculan ponsel ini selalu dipatok dengan harga selangit, namun beda dengan sekarang, walaupun sudah agak lama muncul di Indonesia dan barusan saja muncul iklannya di TV, harga ponsel ini sudah tidak selangit seperti beberapa bulan lalu, harga ponsel ini saat pertama kali dibeli adalah Rp. 7.499.000 dan tentu saja akan mendapatkan kartu perdana iPhone dengan paket internetan unlimited 1 tahun .

Harga ponsel ini tergolong masuk akal mengingat tak lama lagi iPhone 4 keluar dan harga ponsel iPhone 3G juga telah turun.

Skor saya untuk harga : mahalnya, hehe.. 7 stars aja deh, moga-moga bisa turun lagi harganya, hehe..”

Nahh, kali ini, masih setia dengan patokan harga yang sesuai dengan kualitasnya. iPhone 4 ini dipatok dengan harga yang (lagi-lagi-lagi) selangit ! ponsel ini dibeli secara RESMI di salah satu toko ternama di Mall Kelapa Gading harga Rp. 8.199.000, dan tentu saja (lagi) mendapatkan kartu perdana telkomsel turbo dengan paket internetan

SGP Case, muahalnyoo.. x(

unlimited 1 tahun. dan tentu saja tidak cuma segitu yang keluar, masih ditambah lagi dengan membeli SGP Case, pelindung layar dan Leather Case yang akhirnya menjadi tambah banyak dana yang keluar..

harga ponsel ini tergolong masuk akal, mengingat fitur yang ditawarkan iPhone 4 semakin canggih dibandingkan pendahukunya, dan juga harga iPhone 3Gs telah turun.

Skor saya untuk harga : mahalnyaaaa gak ketolongan.. 7 stars, moga-moga aja turun lagi harganya, hehe..

 

2. Desain

penampakan dari sisi atas..

Dari segi desain, ponsel iPhone satu ini masih memiliki desain yang sama dengan pendahulunya yaitu iPhone 3G, semuanya masih sama termasuk peletakan tombolnya, saya rasa tak ada yang berubah, jadi saya tidak akan berkomentar banyak disini karena sama saja dengan desain ponsel yang pernah saya bahas disini (iPhone 3G). Skor saya untuk desain : 8 stars”

Dari segi desain, ponsel iphone ini telah mengalami perubahan yang menyenangkan dan sedap dipandang dari pendahulunya, yaitu iPhone 3Gs. namun susunan bagian depan masih sama, tombol home masih di bawah layar, earphone juga masih di atas layar, tapi disini ada tambahan baru, yaitu kamera beresolusi VGA pada bagian depan (atas layar). ohh iya, menurut saya, iPhone 4 ini berubah 90% dari sebelumnya kecuali tombol, earphone, lebar layar dan colokan port Apple. jadi pada bagian belakang ponsel itu, menggunakan bahan yang membuatnya tidak mudah beset (bisa dikatakan sulit beset), dan juga tidak lagi cembung seperti generasi sebelumnya (iPhone 3Gs). kali ini, iPhone 4 hadir dengan ukuran yang lebih ramping dan enak digenggam, namun dengan berat yang sama di tangan (aslinya lebih berat 2 gram tok dari generasi sebelumnya, hehe). Material penyusun sisi iPhone 4 pun sudah terkesan lebih mewah, enak ditekan menurut saya, namun masih tetap dengan generasi sebelumnya, tidak ada tombol shutter untuk kamera..but it’s okay!πŸ˜€

Skor saya untuk desain : 9 stars

penampakan dari sisi lainnyaa..πŸ˜€

penampakan dari atass..πŸ˜€

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Input Pengetikan

iPhone 4 with iPod Touch

“Untuk pengetikan, tidak perlu diragukan lagi kemampuan layar ponsel ini, dengan jenis layar Capacitive kita dapat mengetik tanpa menguras banyak tenaga, apalagi susunan keypad qwerty virtualnya sama dengan susunan keyboard konvensional lainnya, sehingga kita tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk belajar mengetik menggunakan keypad virtual qwerty ponsel ini.”

Ohh iyaa, untuk pengetikan, sesuai dengan tulisan saya di atas itu (tulisan seperti iPhone 3G dan iPhone 3Gs sebelumnya), tidak perlu diragukan lagi wess..πŸ˜€

*pada gambar tersebut, dapat terlihat ketajaman qwerty virtual iphone 4 dibandingkan ipod touch, jika kita beranggapan yang tajam itu adalah yang terang, ga selamanya gitu, iPhone 4 hadir dengan kerapatan pixel yang lebih tinggi kali ini, 2x lipatnya..yaitu Retina Display (640 x 960) dengan ukuran layar yang sama, saat saya melihatnya secara langsung, benar-benar tajam..

skor saya untuk input pengetikan : 9 stars

4. Fitur

a. Kamera

LED flash iPhone 4

berbeda dari generasi sebelumnya, iPhone kali ini hadir dengan kamera 5 Mpix dengan LED flash, sehingga dapat membantu pengambilan gambar pada kondisi yang kurang cahaya. dengan hadirnya kamera 5 Mpix AF pada iPhone 4 ditambah dengan fitur HDR (High Dynamic Range) semakin membuat iPhone 4 ini semakin canggih. gampangannya, saya sertakan hasil dari kamera iPhone 4 (HDR dan non HDR)

“setelah mengamati selama beberapa minggu, menurut saya perbedaan antara hasil foto HDR (high dynamic range) dan non-HDR pada iPhone 4 terletak pada pencahayaan. Pada modus HDR, foto yang dihasilkan memiliki pencahayaan yang merata pada setiap sisi sektiar obyek, baik latar belakang obyek pun dapat terlihat jelas tanpa adanya pencahayaan yang berlebih..” (saya kutip dari FB saya sendiri)

Foto Non HDR

with HDR

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada hasil modus HDR, dapat terlihat jelas tulisan dan icon pada layar iPod touch, sedangkan pada layar Nokia C6 itu memang gitu over brightness abis memang saya barusan pake foto tu, bukan kesalahan pada kamera iPhone 4, hehe.. (lama2 saya terpapar radiasi dari hape2 ne), kedua gambar di atas sudah saya resize karena kasihan ne modem kayaknya gak nguati upload ukuran aslinya yang mencapai 2MBan..

hasil foto non -HDR

hasil foto with HDR

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sekali-kali narsis kan gapapa, hehe..

untuk hasil pada kamera depan, dengan resolusi VGA, saya melakukan pengujian menggunakan kamera ganda, bermain ganda-ganda menggunakan kamera depan iPhone 4 dan Nokia C6.

ukuran foto di samping ini asli dan tidak mengalami proses resize, untuk ukuran kamera depan, menurut saya ini tergolong terang dan nyaman digunakan. hanya saja kekurangannya saat dalam keadaan gelap, kita tak dapat menggunakannya..

Kali ini saya banyak menyertakan contoh hasil foto, karena fitur kamera adalah salah satu fitur andalan satu dari iPhone 4,

dan sekali lagi, saya sertakan hasil foto with HDR dalam kondisi pencahayaan kurang, hasilnya tetap baguss..πŸ˜€

dari kiri ke kanan : Nokia 5320, iPod Touch, Nokia 5800 dan Samsung Galaxy Spica.. *kayak foto keluarga aja*

Nahh, sekarang sesi penilaian, jika pada generasi sebelumnya (iPhone 3Gs) saya memberi poin 8 stars, sekarang saya memberi skor 9 stars (9 bintang)..hoho

walaupun hasilnya bagus, tapi tidak baik jika saya beri skor 10, dikarenakan masih banyak lagi ponsel lain dengan kamera yang lebih sakti dari iPhone 4, sebut saja Nokia N8..πŸ™‚

Pada iPhone 4 ini juga terdapat perekam video dengan kemampuan rekam HD 720p, saat saya menjajal merekam, kita dapat melakukan tap pada layar untuk merubah modus viewfinder pada iPhone 4, kita dapat mengatur titik fokus perekam video dengan menyentuh layar, proses tersebut juga akan mengatur pencahayaan pada titik yang kita sentuh.

resolusi hasil rekaman video yaitu 1280 x 720, dengan ukuran yang tidak begitu besar untuk ukuran HD, bahkan hasil rekaman dengan durasi yang sama, ukuran file rekaman Nokia 5800 xpressmusic lebih besar dari hasil file rekaman HD iPhone 4.. :-S

b. Music Player/iPod

“iPod merupakan pemutar musik yang tentu saja sudah tidak asing lagi di telinga kita, fitur iPod di ponsel ini saya rasa masih sama dengan iPod di iPhone 3G, hanya saja sekarang saya merasakan perpindahan dan animasi di album art lebih halus ketimbang iPhone terdahulu, keluaran dari speakernya pun saya rasa tidak ada perbedaan dengan seri terdahulunya, jadi secara garis besar, tidak terdapat banyak perubahan.

Perubahan yang paling mencolok adalah ketika kita melihat headset bawaan iPhone 3GS ini, yaitu headset jenis earplug, nahh pasti udah tidak asing lagi dengan headset jenis earplug, jenis headset yang sering digunakan oleh ponsel seri walkman agar keluaran suara headset lebih nendang, hehe.. :D

Skor saya untuk music player : 9 stars”

Kali ini, saya tidak mau mengupas begitu banyak tentang musik, karena kurang lebih sama. Tapi satu yang saya rasa berbeda disini, kualitas suara speakernya lebih kenceng dan bertenaga dari sebelumnya..πŸ™‚

ohh iyaa, headset bawaannya kali ini menggunakan tipe yang biasa, bukan earplug, hanya saja aja tombol kontrolnya berupa volume up/down dan tombol play/pause yang bisa berfungsi sebagai next dan rewind (fungsi yang sama dengan headset SkullcandyLowrider).

Skor saya untuk music player : 9 stars

c. Games

“Tentu saja, dengan prosesor yang lebih tangguh, kali ini iPhone dapat memainkan game dengan ketajaman yang lebih tinggi, dan tentu saja lebih halus ketimbang pendahulunya, game yang saya test disini masih sama dengan game di iPhone 3G sebelumnya, dan game yang saya jadikan uji coba adalah game Tap-Tap revenge, game mirip guitar hero ini sangat menarik untuk dimainkan, dimana terdapat berbagai macam gaya untuk memainkan game ini, saat saya memainkan game ini (sekali lagi) di iPhone 3GS, saya merasakan pergerakan animasi berjalan lebih halus dan tajam, dan tentunya sangat nyaman memainkan game ini.. :D

Bermain Battle Bears, kalau dilihat dari samping tetap jelas lohh..πŸ˜€

Kali ini, iPhone 4 hadir dengan prosesor berbeda dari generasi sebelumnya, kalau sebelumnya masih menggunakan prosesor ARM, sekarang menggunakan prosesor yang sama dengan Apple iPad, yaitu Apple A4 processor, yang dikabarkan memiliki kecepatan 1Ghz yang kemudian didownclock menjadi 833 Mhz. namun, walaupun data yang tertulis lebih tinggi, saya merasakan kecepatan yang ‘angin-anginan’. Maksud saya disini, bila pada iPhone 3Gs saya menggeser halaman homescreen secara terus-terusan berkali-kali dengan jumlah icon yang sama dengan iPhone 4, saya merasa sesekali patah-patah pada iPhone 4, bahkan sesekali saat saya ingin membuka email lalu multitasking dariΒ  game Samurai II : Dojo dan kembali lagi ke game, permainan menjadi patah-patah dan sungguh tak nyaman memainkannya, sedangkan pada iPhone 3Gs lebih lancar baik pada sesi mindahin halaman maupun main game. walaupun begitu, saya rasa perbedaannya tak begitu terarti atau bisa saja dikatakan tipis. (saya pun berat hati mengatakan hal ini, namun inilah kenyataan)

Ohh iyaa, namun disini ada yang berbeda, berkat dukungan dari Retina Display, bermain game disini lebih enak dipandang, gambar yang halus membuat aksi kita bermain game terasa seruu..apalagi pas maen Samurai II yang ada aksi slow motionnya, atau pun main Can Knockdown yang ada slow motionnya, maen Battle Bears – 1 juga seruu jadinyaa..πŸ˜€ *sesuai tulisan sebelumnya, bermain game yang patah2 tu cuma angin-anginan aja*

score : 9 stars

d. iOS 4.2 pada iPhone 4

tidak terasa, padahal kayak baru kemarin beli iPhone 3G dan harus upgrade ke iOS 3, sekarang sudah ada iPhone 4 dengan iOS 4.2, cepat juga ya prosesnyaa..πŸ˜€

sebenarnya sudah waktunya untuk update ke iOS 4.2.1 yang terbaru, tapi aras-arasen mengunduh lagi ipsw nya dari server, masih tunggu dulu sampai ada major update yang benar-benar membawa perubahan penting..πŸ™‚

tidak seperti generasi sebelumnya yang menggunakan multitasking (tulisan saya sebelumnya), multitasking pada iPhone 4 ini benar-benar multitasking, disaat kita memainkan game lalu membuka email dan kembali lagi memainkan gamenya, kita tidak memulainya dari awal menu lagi, layaknya kita mem-pause game. pada deretan multitasking juga kembali ditemui tombol kontrol musik dan juga pengunci layar.

score : 8 stars

Layar yang jernih..πŸ™‚

 

e. IPS Retina Display.

Okeyy ini adalah salah satu fitur canggih dari iPhone 4, kemampuan layar meningkat drastis, dari sebelumnya resolusi 320 x 480 menjadi 640 x 960, meningkat 2 kali lipat! bukan hanya itu, iPhone 4 mendukung teknologi layar IPS (In Plane Switching) yang membuat layar dapat terlihat jelas dan jernih dari berbagai sudut. Sehingga, setiap gambar yang tampil pada iPhone 4 ini akan terlihat menawan, jernih dan enak dipandang.πŸ™‚

 

saat dijajal di bawah sinar matahari pun, layar ini tetap terlihat jelas dan tak terlihat gelap. (dimana pada beberapa ponsel, layar akan terlihat tidak jelas saat berada di bawah sinar matahari)

untuk fitur seperti ini, saya memberi skor : 9 stars

 

 

5. Daya Tahan

“Baiklah, jujur-jujuran saja, daya tahan baterai pada ponsel ini saya rasa masih sama dengan pendahulu nya yaitu satu hari pemakaian sekali charge, dan itu bisa saja berkurang drastis sejalan dengan fitur yang kita gunakan, sebut saja bila kita mendengarkan lagu sambil internetan, mantabh tu langsung cepet baterainya habis, hehe.. :D

Namun tentu saja, hal ini wajar mengingat fitur yang dimilikinya membutuhkan banyak energi sehingga baterai akan terasa cepat habis.”

Pada iPhone 4, saya rasa sudah ada peningkatan kekuatan baterai, namun walaupun begitu, melihat fitur yang ditanamkan pada ponsel ini, wajar jika sekali foto baterai akan berkurang 1%, dan jika dipakai memainkan Angry Birds 10 level akan berkurang 5%, hehe..dan juga akan semakin cepat habis sejalan dengan fitur yang kita dengarkan..

Score : 7 stars

berbarisss yukk..πŸ™‚

6. Kesimpulan.

Dengan harga selangit yang ditawarkan bersama fitur-fitur yang tergolong canggih, tidak salah jika iPhone 4 ini merupakan ponsel mewah yang bilamana dibawa keluar, orang meliriknya, sehingga kita tidak hanya membeli sebuah iPhone 4, namun juga ‘gengsi‘ juga terbeli..hehe, jelas bukan?hehe..

Namun, bila kita merupakan pengguna ponsel yang lebih mengutamakan hasil kamera yang maksimal, saya rasa akan lebih enak jika membeli Nokia N8 dengan kamera 12 Mpix yang telah dikenal sebagai ponsel dengan hasil kamera berkualitas tinggi..πŸ™‚

atau jika pengen mencoba hal baru,bisa juga coba ponsel dengan OS Android atau Windows Mobile 7, hehe..πŸ˜€

“Baiklah demikian ulasan saya dengan iPhone 4 32GB, bila ada salah penulisan mohon dimaklumi, dan bila ada salah susunan kata mohon juga dimaklumi, hehe setidaknya setiap hari saya akan terus mencoba memberi ulasan yang terbaik bagi para pembaca, bila ada yang ingin bertanya, monggo dituliskan komentarnya, sekali lagi, terima kasih banyakk yaa.. :D

4 responses to “Pengalaman saya dengan iPhone 4 32GB

  1. Bro numpang tanya…..
    Adakah apps pemutar video player
    buat nokia 5800 gratis….???
    Hp masih perawan ting-ting.
    Baru kemaren Q update firmware 50.
    Kalo menggandalkan Pemutar video
    player bawaan,
    Hanya mampu mutar format 3gp doang.
    Selebihnya tak mampu mutar format:
    Avi, mpg, 3gpp, mp4, mpeg gak bisa.
    Sudah coba donlod
    SmartMovie, Divx player, tapi
    harus mendaftar/login.
    Begitu login kok malah
    Error login.
    Dah coba Donlot UC Player buatan cina.
    Tp sertifikat error terus.
    Jd kesel pokoknya…..!!
    Kemarin coba donlod JULY PLAYER.
    bisa mutar segala macam format.
    Tp hanya trial & hasil putar videonya
    patah patah gak bisa halus.
    Player bawaan nokia emang menyebalkan sekali…….!!
    Tolong Bro bantu ya…..???

    • videonya aja yg dconvert bro klo mw dmasukin k tube, pke apliaksi format factory..
      klo aplilkasi pmutar video mnding pke bawaaanx aja, yg ptg videox dconvert dlu bro..
      smga bermanfaat..πŸ™‚

Leave a Reply

