Desain iPod Touch dan iPhone 3GS?sekilas mirip memang..

iPod Touch with Album Flow

iPhone 3GS dan iPod Touch..

Banyak orang yang mengira bahwa kedua gadget garapan Apple tersebut serupa dari segi desain, dan memang benar saja bila orang yang melihatnya sekilas pasti akan mengira kedua gadget tersebut serupa, tapi jika kita melihat lebih teliti lagi, kedua gadget tersebut ternyata memiliki perbedaan yang mencolok dari segi desain. Untuk lebih mudahnya, saya membandingkan iPod Touch dan iPhone 3GS head-to-head sebelum saya tidur semalam, dan di bawah ini saya sertakan foto dimana perbedaan tersebut sangat terlihat, mari monggoo..

1. Foto dari belakang

tampilan belakang iPhone 3GS dan iPod Touch

Untuk casing belakang iPod Touch dan iPhone pun sudah dapat kita lihat bahwa terdapat perbedaan yang mencolok antara warna casing kedua gadget tersebut, iPhone 3GS dibalut dengan warna hitam gloss, sedangkan iPod Touch dibalut dengan warna aluminium high gloss yang mudah tergores. Peletakan logo Apple pun berbeda dari kedua barang tersebut, dan jika dilihat lebih teliti, maka dapat kita lihat bahwa ukuran logo Apple di iPhone terlihat sedikit lebih besar. Selain kedua perbedaan tersebut, perbedaan mencolok lainnya juga berada pada ketidak hadiran kamera pada iPod Touch, saya perkirakan disitulah letak antena wifi iPod Touch (CMIIW)

2. Foto ketebalan kedua gadget tersebut

Ketebalan kedua gadget tersebut..

Dari segi ketebalan, iPod Touch jauh lebih tipis ketimbang iPhone 3GS, saat kita menggenggam kedua gadget tersebut secara bersaan pun akan sangat terasa perbedaan ketebalan kedua gadget tersebut, iPod Touch hadir dengan ukuran yang lebih tipis dari iPhone 3GS, namun dengan pemangkasan ukuran tersebut, saya rasa berimbas pada menurunnya kualitas speaker pada iPod Touch, karena speaker iPhone tidak hadir pada iPod Touch, dapat kita lihat pada foto di atas, iPhone 3GS memiliki 2 speaker pada bagian kiri dan kanan port pengisian baterai, disamping itu juga terdapat 2 mur kecil. Peletakan colokan headset 3.5 mm pun berada di sisi yang berbeda, dimana colokan headset iPod Touch berada pada bagian bawah, dan iPhone 3GS berada pada bagian atas.

3. Foto dari depan

tampilan kedua gadget dari depan

Disinilah terdapat persamaan yang sekilas terlihat sama dari kedua gadget tersebut, sekilas bila kita melihat iPhone lalu melihat iPod, pasti kita akan beranggapan bahwa kedua gadget tersebut serupa, namun bila kita melihat dengan lebih teliti lagi, ukuran iPhone jauh lebih besar ketimbang iPod Touch, stainless-steel pada sisi iPhone 3GS pun lebih tebal daripada iPod Touch. Ukuran tombol home kedua gadget itu pun berbeda, walaupun sekilas terlihat sama, namun bila kita perhatikan lagi, ukuran tombol home pada iPhone lebih besar daripada tombol home milik iPod Touch. Selain itu, ketidak hadiran speaker pada bagian atas layar merupakan perbedaan yang paling mencolok dari kedua gadget tersebut.

4. Tampilan antar muka pada home screen

Homescreen iPod Touch

Untuk tampilan home screen sendiri, memang terdapat banyak kesamaan, mulai dari icon dan susunan menu, perbedaan pertama dapat kita lihat pada bar notifikasi bagian atas layar, dimana akan terlihat tulisan iPod di pojok kiri layar, sedangkan pada iPhone akan terlihat operator beserta bar sinyal yang kita gunakan, perbedaan lainnya juga berupa ketidak hadiran icon SMS (pesan) dan Phone, jadi di homescreen iPod tidak ada icon berwarna hijau. Icon yang juga berbeda dari kedua gadget tersebut adalah icon pemutar musik, pada iPhone kita akan menemukan icon pemutar musik berwarna orange dengan nama iPod, dimana fitur pemutar musik dan video menjadi satu dalam satu aplikasi, sedangkan pada iPod Touch sendiri, fitur pemutar musik dan video terpisah, dimana pemutar musik menggunakan ikon note musik, dan pemutar video (videos) menggunakan icon berwarna biru. Selebihnya, tampilan antar menu tidak ada bedanya dengan iPhone 3GS..

new homescreen (tampilan antar menu iPhone 3GS)

Demikian perbedaan yang saya rasakan dari kedua gadget garapan Apple tersebut, untuk perbedaan kecepatan dan kehalusan perpindahan antar menu, jelas memang iPhone 3GS menang karena menggunakan prosesor yang lebih tinggi dari iPod Touch. Bila ada masukan lain dari para pembaca, saya dengan senang hati menerima masukan dari pembaca..

Terima kasih telah membaca tulisan saya..🙂

4 responses to “Desain iPod Touch dan iPhone 3GS?sekilas mirip memang..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s