Pengalaman saya dengan iPod Touch 8GB

“sebenarnya tulisan ini sudah selesai sejak hari selasa,tapi baru hari ini ada waktu untuk update tulisan ini, hehe..maklum sibuk kuliah.. ~,~ ”

iPod Touch 8GB

Pengalaman saya dengan iPod Touch 8GB

Hehe setelah sekian lama menabung dan melakukan transformasi, yang dimulai dari Blackberry 8320 Curve lalu berubah menjadi Samsung Star Wifi, hingga akhirnya berubah menjadi gadget yang telah lama saya impikan, hehe..dan gadget tersebut adalah iPod Touch 8GB ! hehe..ini adalah gadget Apple pertama yang saya beli dengan modus menabung, lebih puas rasanya hehe..dan tentunya sebelum membeli barang ini, saya harus mempertimbangkan banyak hal hingga akhirnya berani berkata “iyaa mbak, saya ambil satu..”, hahaha penuh gayaa aka metiti.. x)

Sesuai janji saya, saya akan menulis ulasan saya tentang iPod Touch setelah saya membelinya, dan inilah pembuktian dari perkataan saya tersebut, dan kali ini saya akan berusaha menulisnya selengkap + sejelas mungkin, semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi pembaca.. J

iPod Touch 8GB, merupakan player portable garapan Apple inc, player portable yang dulunya hanya berbentuk kotak dengan layar kecil kini telah menjadi player portable multi fungsi, mengapa multifungsi?coba lihat saja fiturnya, bisa browsing internet, email, gaming, music, video player, notes, calculator, alarm, calender dll yang tentunya sangat berguna, hehe.. dengan desain yang menyerupai iPhone, iPod hadir dengan ukuran yang diluar dugaan saya!hhmm..mau tahu lebih jelasnyaa..yukk mari dibacaa..😀

dengan beberapa saudara

“luhh ukurannya lebih kecil dari iPhone ya mbak..”, itulah pertanyaan saya saat pertama kali mbak membuka gadget ini dari kotaknya yang kecil, hehe..abis yang biasanya lihat iPhone tiba-tiba lihat iPod kaget juga, ukurannya lebih tipis, yang dalam bahasa saya twipwis’e poll, walaupun ukuran layarnya sama-sama 3.5” inci, namun ukuran bodi iPod sedikit lebih kecil dari iPhone, walaupun begitu, dilihat sekilas gadget ini akan tampak mirip dengan iPhone, seperti yang boss saya katakan “mirip plek wes karo iphone..”, itulah yang beliau katakan saat melihat saya mengetest iPod bila menggunakan speaker aktif, hehe..baiklah segitu saja pembukaannya, untuk lebih jelas dan mendetail, akan dimulai dari tulisan di bawah..

1.Harga

iPod Touch 8GB ini saya beli dengan harga Rp. 1.775.000, di authorised reseller tentunya yang berada di HiTech Mall, 75ribu lebih murah dibandingkan beli di toko authorised reseller yang satunya, hehe..makanya saya membeli di toko itu, dengan membayar cash, maka barang ini secara otomatis telah sah menjadi milik saya pribadi, hehe..untuk harga bekasnya bermacam-macam, sebelum saya membeli iPod, saya juga melakukan pemantauan di berbagi tempat, ada yang menjual mulai Rp. 1.700.000 hingga yang paling murah ada Rp. 1.500.000, itu masih harga pembukaan, dan rata-rata dari mereka terima nego, yang tentunya nego halus, hehe..

setelah membuka kotaknyaa..

2.Kesan awal

nahh pas tombolnya ditekann neehh..hehe

“luhh lebih kecil ya mbak ukurannya ama iPhone..”, itulah yang paling pertama kesan sekaligus ucapan yang keluar dari mulut saya ketika mbak konter membuka kotak iPod, hhmm lebih kecil dan juga jauh lebih tepis, yang biasanya megang iPhone bisa pas di genggaman, sekarang harus membiasakan lagi mengetik dengan yang lebih tipis.. (beneran tipis amit ne iPod), saat pertama kali dinyalakan, mengingatkan saya dengan tampilan iPhone 3G 16GB, sama-sama polos waktu pertama kali dinyalakan, hehe..ada dua ikon yang tidak terlihat di layar utama iPod, yaitu fitur sms dan telephone, hehe..

polos amat yaa tampilan HS awalnya??hehe

3.Desain.

bagian belakang mudah tergores.. ~,~

Dengan ukuran yang lebih tipis dan kecil dibandingkan iPhone, tentu saja akan memberi pengalaman yang berbeda saat menggenggamnya di tangan, terasa lebih ringan dan lapang di genggaman, hehe..bagian depan dari iPod ini merupakan kaca anti gores, gores kecil takkan begitu berarti bagi layar ini, namun tentu saja akan menjadi masalah bila kita menggoresnya dengan sengaja apalagi dengan benda tajam, hehe..bagian yang paling saya khawatirkan adalah bodi belakang ponsel ini yang terlihat terbuat dari semacam logam penghantar listrik, abis sesekali saya merasa kesetrum dikit pas iPod terhubung ke perangkat elektronik lainnya..

4.Fitur

a.Music Player (Music)

pemutar musik ipod

Nahh, menurut saya inilah fitur utama dari iPod Touch, sebuah perangkat portable pemutar musik yang tentunya tak perlu diragukan lagi kualitasnya, dari jaman iPod layar kecil yang desainnya masih kaku hingga saat ini iPod Touch dengan layar lebar berdesain manis, kualitas suara pemutar musiknya tetap enak di telinga, keluaran musik via headset sangat nyaman di telinga, keseimbangan antara bass dan treble begitu pas, saat memainkan musik pun saya tidak menemukan adanya suara yang pecah saat saya menyetel musik dengan volume tinggi.

Siiperantau said “sungguh pemutar musik yang profesional!”, benar saja bila perangkat ini dikatakan profesional dalam urusan pemutar musik, kita akan disuguhi dengan browser ala album flow dengan tampilan halus dan manis, pergerakan yang halus tanpa patah-patah sungguh memanjakan mata penggunanya, equaliser yang dapat kita atur sesuai selera kita, salah satu EQ yang paling sering saya gunakan adalah Bass Booster, sungguh keluaran suaranya akan terasa begitu empuk dan nyaman, baik menggunakan headset ataupun speaker aktif, alunan bass yang keluar terasa benar-benar halus dan empuk, kelebihan lain pun juga saya rasakan dimana kita dapat mendengar setiap instrumen yang ada pada lagu yang kita putar dengan jelas, bahkan efek surroundnya begitu terasa, menurut saya sendiri, pemutar musik pada iPod ini lebih nyaman dibandingkan Nokia 5800 XM saya.. J

b.Video Player (Videos)

menonton Transporter 3

Selain sebagai pemutar musik, iPod Touch juga bisa digunakan untuk memutar video dengan format mp4, dengan lebar layar 3.5” inci pada rasio 4:3 menurut saya sudah pas dan nyaman untuk menonton film, saat pertama saya membeli iPod ini, saya mencoba menonton film Transporter 3, sungguh mengagumkan sekali gambar dan suara yang dihasilkan, apalagi bila kita menyetel volume pada volume maksimal, akan terasa seperti nonton di bioskop, bahkan suara peluru yang jatuh ke tanah pun kedengaran jelas.. J

c.Photo browser (Photos)

Kehadiran Photo Browser pada iPod Touch ini juga menjadi nilai tambah bagi perangkat portable buatan Apple ini, dengan hadirnya Photo Browser, kita dapat memasukkan foto melalui iTunes dari laptop/PC kita, cara yang sama bila kita menggunakan iPhone, dengan memilih folder foto mana yang akan kita masukkan lalu menekan ‘sync’, maka proses sinkronisasi akan berlangsung, waktu yang dibutuhkan sangat singkat untuk memindahkan puluhan bahkan ratusan foto dengan ukuran yang bervariasi. Setiap foto yang kita kirim ke iPod akan disusun sesuai dengan folder yang ada dalam laptop/PC kita, jadi kita bisa menyusunnya agar rapi dan sesuai dengan albumnya, namun tentu saja semua foto dari setiap folder akan masuk pada Photo Library. Melihat foto pada iPod Touch sama bila kita menggunakan iPhone, bisa mengusap jari pada layar, fitur zoomingnya pun sama layaknya iPhone, foto yang tampil pun terlihat tajam dan enak dipandang mata dengan layar yang lapang..

d.Safari

Nahh inilah yang menjadi nilai tambah bagi saya sehingga memilih iPod Touch, selain bisa sebagai pemutar musik, kita juga dapat surfing via wifi, sungguh multifungsi gadget yang satu ini. Browser yang digunakan juga sama dengan iPhone, yaitu browser Safari, saat saya menjajalnya untuk browsing internet di hotspot kampus saya, proses loading suatu halaman terasa cepat, tampilannya pun sama bila kita browsing via PC/laptop, hal ini saya coba saat membuka Kaskus, tampilannya persis sama dengan internetan via PC/Laptop. Saya belum mengetahui berapa batas halaman yang dapat dibuka, tapi menurut perkiraan saya akan sama dengan iPhone yaitu 8 halaman (open in new tab), bila kita ingin menyimpan foto dari halaman internet, kita cukup menahan jari kita pada foto yang kita pilih lalu akan muncul beberapa opsi, yang nantinya kita bisa menyimpan foto tersebut.

e.Mail

Hehe ini dia aplikasi andalan saya bila sudah terhubung dengan hotspot, sebagai anak mahasiswa jelas saya harus bisa menghemat, dan cara menghemat yang paling tepat adalah internetan di free hotspot, hehe dengan cara ini saya bisa mengetahui kotak masuk akun email saya, disini kita juga dapat mendaftarkan akun email yang berbeda, dengan pengaturan yang mudah, maka dengan segera kita dapat terhubungkan dengan akun email kita, untuk aksi mengirim email pun saya tidak menemukan kendala, sungguh lancar.. J

f.Organiser

catatan

Nahh, aplikasi organiser disini yang saya maksud adalah kalkulator, kalender, catatan, kontak dan jam yang sudah tersedia langsung dalam iPod Touch. Kalkulator pada iPod touch sama dengan iPhone, kalkulator yang bila kita menggunakannya dengan posisi portrait maka hanya akan tampil sebagai kalkulator standar, namun bila kita memutarnya menjadi landscape maka secara otomatis kalkulator berubah menjadi kalkulator sains yang lengkap dengan efek yang keren. Kalender disini juga berperan penting sebagai pengingat (reminder) bagi kita yang sering mengatur jadwal, dengan adanya fitur kalender yang bisa kita isi dengan alarm dan pengingat memudahkan kita untuk mengatur jadwal. Catatan pada ponsel ini juga sangat penting bagi yang sering mencatat setiap kegiatan penting yang akan dijalani, catatan pada iPod Touch ini memiliki tampilan yang sama dengan catatan pada iPhone (hehe ya jelas sama lah, kan pake OS yang sama). Kehadiran kontak pada iPod Touch memudahkan kita untuk menyimpan nomor telefon. Dan yang terakhir adalah Jam (Clock), jam pada iPod juga dilengkapi dengan alarm yang bisa kita atur beserta bunyi alarmnya, selain alarm terdapat juga timer dan stopwatch. Terdapat juga fitur voice memos kyak di iPhone 3G/3GS, tapi ga bisa dipakai karena headset yang kita dapatkan bila membeli versi 8GB tidak disertakan microfone, jadi kita harus membelinya secara terpisah atau menggunakan headset iPhone kita, hehe.. x)

g.iOS 4

menggunakan iOS 4.0.2

Setelah saya membeli iPod Touch ini, dengan segera saya mengupgradenya ke dengan iOS 4.0.2 yang berarti tidak bisa menggunakan JailbreakMe, kehadiran iOS 4 pada iPod Touch seakan setengah-setengah, ketidak hadiran fitur homescreen backround wallpaper membuat tampilan homescreen menjadi hitam gelap dengan dock ala iOS 4, sungguh mengecewakan, ketidak hadiran fitur ‘multitasking setengah-setengah’ juga membuat saya kaget, dengan ukuran file iOS4 yang sama (sekitar 328 MB) dengan iPhone 3GS namun ada beberapa fitur yang tak hadir, namun disamping itu, terdapat juga beberapa kelebihan penting pada iOS4 yang hadir pada iPod Touch, yaitu kehadiran flight mode yang sebelumnya tidak saya temukan pada versi 3.1.2 saat pertama saya membeli iPod Touch, dengan adanya flight mode membuat kita bebas menggunakan iPod saat bepergian menggunakan pesawat (sungguh penting neh), selain itu fitur membuat playlist via iPod Touch juga telah hadir disini, jadi tidak hanya via iTunes untuk membuat playlist, namun bisa juga langsung via iPod Touch. Dengan menggunakan iOS4 maka iPod telah mendukung aplikasi iBooks untuk membaca file PDF, ini salah satu aplikasi yang paling penting menurut saya.. J

h.Lain-lain

homescreen

Selain beberapa fitur yang telah saya sebutkan di atas, kita juga dapat menambahkan game dan aplikasi yang dapat kita download via iTunes Store/Appstore, walalupun sekitas bermain game pada iPod Touch sama nyamannya saat bermain game via iPhone, saya merasa ada yang berbeda saat saya memainkan game via iPod dan iPhone, tampilan pada iPhone 3GS terasa lebih halus dan nyata.

5.Daya Tahan

Untuk sekali pengisian penuh, saya dapat menggunakan iPod selama satu hari penuh dan itupun belum habis, itu bila pemakaian normal, namun daya tahan akan menurun sejalan dengan penggunaan koneksi wifi dan pemutar musik/video, saat saya menjajal browsing internet sekitar 45 menitan, bagian belakang iPod terasa sedikit panas dan bar baterai terlihat berkurang sekitar 10-15%, itu hanya menggunakan wifi dengan kegiatan browsing dan berkirim email saja, saya belum mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan bila mengisi baterai mulai dari kosong, namun untuk pengisian normal dengan keadaan baterai sekitar 60-80% memakan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam.

6.Kesimpulan

iPod Touch merupakan pemutar musik paling nyaman yang pernah saya miliki, dengan harga Rp. 1.775.000 saya rasa sudah pas dengan apa yang akan kita dapatkan, perangkat portable multifungsi ini sangat cocok bagi anda yang gemar menggunakan musik dan menonton film, bahkan untuk yang senang bermain game juga ini sangat cocok, bagi yang hobi membaca juga, hehe..lengkap bukan?pilihan ini sungguh tepat bila anda telah memiliki sebuah ponsel jadi akan terasa lengkap, namun bila anda belum memiliki ponsel dan sangat membutuhkan ponsel, saya tidak menyarankan untuk membeli ini, karena tentu saja iPod Touch gak bisa dipakai untuk sms dan telefonan, walaupun ada aplikasi yang bisa VoiP, namun tetap saja akan berbeda dengan ponsel, lebih baik menggunakan uang yang ada untuk membeli ponsel saja, hehe..itu saran dari saya luhh ya, masa mau mengorbankan hape demi membeli iPod Touch, kan susah nanti komunikasinya dengan keluarga dan teman-teman.. J

jadi pergunakanlah uang dengan lebih bijaksana.. J

Sedikit komentar dari beberapa sahabat yang melihat gadget ini :

“iku koco ta?tipis sekali..”

“wuihh suipp, keren sekali suaranya..”

“kayak nonton nang bioskop ae iki suarane..”

“woaww musik gamenya kayak game besar saja..”

Dan masih banyak lagi..

siiperantau..

29 responses to “Pengalaman saya dengan iPod Touch 8GB

  1. Jadi pengen beli juga gan buat gantiin player music tube,ane juga mau nabung aah,sapa tau ntar harganya bisa turun lagi,.

  2. Keren jeh!

    Mmm, jarene apple wis menghentikan jailbreak yo jeh? Lha trus gk isok diapa’-apa’no laan, game kudu tuku sing asli, isok-isok 10jt ente’ mek tuku sing asli-asli🙂

    • hehehe yoo kn bnyak pisand jehh sing game apik tpi gratisan, yo iku kudu pinter2 ndelok situasi appstore, biasane game pertama kluar iku sek gratis, ngkok lek wes akeh sing ngerate baru dikek’i argane, kyok kmarin iku, q download ifighter jehh sekk gratis, moro2 bengi ne wes brbayar dadi $ 0,99..hehe
      apikk kq jehh n ga kudu jailbreakan..😀

  3. Mek ngunu langsung install vdrummer opo virtual drum opo drum meister jeh, main drum nang ipod koyok’ane uuenak jeh😄 , aku nggolek gae s60v5 nemu 1 tp gk isok dibuka😦

    • hehe iyoww jehh, luancarr e poll kq gae apps ngono, aplikasi virtuoso ae isok aluss jehh..hehe
      xD
      wahh ancen ngono jehh, byen q yo taw gawe apps music instrument nang nokia 5800, tpi ga sesuai hrapan jehh..

  4. Gpp jeh, bare’an harga jual kembaline gk rugi akeh.

    Iyo jeh, barange Apple pancen apik” trus isok memotivasi arek ben rajin menabung🙂

    Mangkane ndang berjalan menuju cita”mu untuk jadi bagian dari Nokia, aku dukung 100%.

  5. untuk koneksi browsingnya cuma layanan wi-fi yah?
    gak pake’ sim card? jadi kalo mw internetan cuma bisa di tempat yang punya wi-fi?
    thank’s before

    • Cba konekin dlu wifix, stlah konek k jringan wifi hotspot n mncul icon wifi d sblah tlisan ipod, brarti ud bsa internetan..😀
      Cba dcek baek2 ap ud bner2 konek, krna trkdang ad bbrp hotspot yg lama konekx..

      • tapi di rumah saya gak ada jaringan wifi jadi nggak bisa internetan dimana sih jaringan wifi itu???

  6. cara memasukkan file PDF kedalam iPod-nya gmna ya? btw iPod saya kebetulan sudah di Jail Break n saya jg sudah install Quickoffice jg. mohon pencerahannya ya Mas.

    Thanks b4

    • Klo mw mskin pdf, hrus lwt itunes d laptop/pc mas, d ipod jg ud hrus terinstall apikasi ibooks, stlh tu sambungkan ipod k itunes via kbel data, nnti buka aplikasi itunes n pilih tab device, trus gtu ipod d menu sisi kiri, stlah tu d tab ipod, buka menu books, stlah tu tnggal drag n drop aj mas file2 pdfx..
      Smga jwbn sya bsa mmbantu, mas..🙂

  7. Kekurangan lain adalah iPod Touch 2nd Generation tidak mendukup sebagai Hard Disk Eksternal, padahal sudah menggunakan teknologi SSD (Solid State Disk). Rasanya percuma bila mempunyai hard disk SSD yang super cepat namun hanya bisa dipakai untuk transver file multimedia ke iPod saja. Anda tidak dapat melihat sususan direktori dalam iPod Touch ini, oleh karena itu, untuk melakukan transver data non-multimedia (musik, video, foto), Anda harus menggunakan koneksi Wi-Fi. Cukup merepotkan. Sedang untuk file multimedia dan aplikasi, bisa lewat iTunes.

    Mbaa sy ada baca ini tentang ipod gen 2nd 8 giga.. Bener ga ya mba? Sy pgen beli ipod, tp nyari yg gen 2nd ni mba.. Tlg masukannya yaaa.. Kesuwoonn ^^

Leave a Reply

