Ulasan saya mengenai Nokia N97 Mini

Nokia N97 Mini, nah nohh akhirnya saya bisa juga mereview salah satu ponsel High-end dari vendor Nokia, ponsel ini adalah versi ‘kecil’ dari Nokia N97, yang tentu saja perbedaannya terletak pada ukuran ponsel, untuk lebih gampangnya layar pada Nokia N97 ini berukuran 3.2” inci, sedangkan Nokia N97 berukuran 3.5”, perbedaan layar yang cukup jauh, namun saya rasa ukuran layar Nokia N97 Mini ini sudah cukup, tak kebesaran dan tak kekecilan juga, yang tentunya sama besar dengan layar Nokia 5800 XpressMusic.

Aslinya ponsel ini adalah milik teman kelas saya, sebelum dia menggunakan Nokia N97 Mini ini, dia sempat menggunakan Nokia N81 tapi ntah mengapa dia sering mengganti-ganti ponselnya, katanya sih karena sering kehilangan ponsel di warkop dan karena ketiduran di sepur, hehe extreme amat yaa..

Baiklahh, pertama kali melihat dan memegang ponsel Nokia N97 Mini ini, saya melihat bahan ponsel ini gampang sekali kotor bila terkena debu, apalagi bagian di sekitar layar (dapat dilihat pada foto di atas), ukurannya terlihat sedikit lebih lebar dari Nokia 5800 (dan juga Nokia 5230), ponsel ini tak terlalu berat di tangan walaupun saya merasa berat ponsel ini lebih berat dari Nokia 5800, baiklahh untuk lebih jelasnya lagi, mari monggo dibacaa.. J

Untuk lebih mudahnya, saya akan membahas ponsel ini menjadi beberapa bagian, yaitu Harga, Desain, Input Pengetikan, Fitur, Daya Tahan dan Kesimpulan.

1. Harga

Untuk harga ponsel ini, sekarang berkisar pada Rp. 3.845.000 hingga Rp. 3.975.000, dan untuk teman saya sendiri, dia membeli dengan harga Rp. 4.300.000, hoho harga yang tinggi sekalii untuk membeli ponsel, padahal dia membeli ponsel ini baru beberapa minggu, tapi turunnya udah jauh gini, hehe..

Untuk harga bekas ponsel ini, saya tak begitu mengetahui, dan tentunya belum mau menafsir kisaran harga bekas ponsel ini, yang tentu saja, harga akan sangat berpengaruh pada kelengkapan dan kondisi ponsel.

2. Desain

Untuk desain ponsel ini mengadopsi sistem slide samping dimana bila kita menggeser bagian kiri ponsel ke atas maka layar akan bergeser seperti pada gambar, sistem seperti ini kembali membuat saya khawatir dengan fleksibel ponsel yang tentu saja suatu saat akan aus (rusak, layaknya Nokia 5700), apalagi bila sering digeser, sangat mengkhawatirkan..

Layar pada ponsel ini memeiliki lebar 3.2” inci, ukuran yang sama dengan Nokia 5800 (dan 5230), layar pada ponsel ini saya lihat memiliki bahan yang lebih bagus bila dibandingkan dengan Nokia 5800 XpressMusic, bila kita melihat layar dari samping, maka akan terlihat layar yang rata, dan bila kita menekan layar maka tak akan terlalu terlihat bagian layar yang tenggelam, menurut saya layar Nokia N97 Mini ini lebih responsif dibandingkan layar milik Nokia 5800 XpressMusic, apalagi pergerakan animasi pada ponsel ini lebih halus.

Keypad qwerty yang tersembunyi di belakang layar menurut saya memiliki susunan yang rada ribet aka tak nyaman, keypad qwerty 3 baris ini memiliki peletakan tuts yang rada tak biasa, dari sekian banyak keypad qwerty yang saya temui, keypad qwerty inilah yang paling ribet, dan menurut saya masih lebih nyaman keypad qwerty milik Samsung OmniaPro, namun disamping itu, tuts pada keypad qwerty ini tergolong empuk, dan tak keras bila kita menekannya, jadi kita tak perlu menghabiskan banyak tenaga untuk mengetik menggunakan keypad qwerty ini.

Pada bagian belakang ponsel ini, terdapat kamera 5 MP dengan lensa Carl Zeiss Tessar, peletakannya tak terlalu menghalangi penggunaan ponsel, jadi lensa kamera takkan ketutupan dengan jari-jari kita bila digunakan, namun sayangnya saya tidak menemukan pelindung lensa pada kamera ponsel ini.

Bagi pengguna Symbian touch v5 mungkin sudah terbiasa dengan switch geser pada bagian kanan ponsel, nah pada ponsel ini kita akan menemukan peletakan yang berbeda, kali ini switchnya berada pada bagian kiri ponsel, peletakan ini tak membawa kesulitan dalam penggunaan ponsel, sedangkan shutter kamera tetap berada pada sisi kanan ponsel, shutter kamera pada ponsel ini mengingatkan saya dengan Nokia N73, berbeda dengan shutter kamera Nokia 5800 XpressMusic.

3. Input Pengetikan

Metode pengetikan pada ponsel ini akan sedikit berbeda dengan Nokia 5800 XpressMusic, dimana bila kita memutar ponsel ini menjadi landscape, maka keypad virtualnya akan tetap menjadi keypad virtual biasa, jadi pada ponsel ini tak ada keypad qwerty virtual yang biasa kita temui di ponsel layar sentuh Symbian v5, jadi ya jalan satu-satunya bila ingin mengetik menggunakan keypad qwerty yaitu menggunakan keypad qwerty yang berada di balik layar ponsel ini

Saya tidak ingin lagi berkomentar banyak tentang keypad qwerty 3 baris ini, karena kurang lebih sudah saya jelaskan pada sesi desain sebelumnya.

Untuk metode input keypad virtual, sama saja dengan ponsel Symbian v5 lainnya, susunannya pun sama, jadi tak ada masalah disini, dan tentu saja masih lebih nyaman mengetik menggunakan keypad virtual alfabet dibandingkan mengetik menggunakan keypad qwerty ponsel ini.. (silent mode : on)

4. Fitur


a. Kamera

Untuk sisi kamera, ponsel ini telah dibekali lensa Carl Zeiss Tessar, lensa yang sama dengan ponsel high-end Nokia lainnya, kamera ponsel ini dapat mengabadikan gambar dengan resolusi 5 Mpix (2592 x 1944), hasil kamera pada ponsel ini menurut saya tergolong bagus, dimana noise pada sisi pinggir hasil foto tidak terlalu kelihatan, dan juga flash pada ponsel ini tidak terlalu terang sehingga pengambilan gambar dengan modus makro takkan terlihat over brightness pada objek dengan warna dasar putih, pewarnaan yang dihasilkan pada ponsel ini juga tergolong mendekati dengan warna asli objek, jika masih kurang puas dengan pewarnaan kamera ponsel ini, kita dapat memilih pewarnaan dengan modus vivid, sehingga warna yang dihasilkan kamera ponsel ini lebih hidup (sebagai contohnya warna merah semakin merah, yang warna kuning semakin kuning, dan seterusnyaa, hehe..), namun sebaiknya penggunaan modus vivid ini tidak perlu terlalu sering, karena kadang bila pencahayaan kurang sesuai akan mengakibatkan noise di sekitar objek, untuk modus makro pada kamera ponsel ini pun sangat mumpuni, dimana kita dapat memotret kertas kerpek’an (pelampung) dengan hasil yang sangat memuaskan, jadi kita tak perlu membawa kertas besar-besar, cukup dengan ponsel ini maka setiap tulisan di kertas tersebut dapat terbaca dengan mudah setelah dipotret, secara keseluruhan, kamera ponsel ini tergolong memuaskan, yaa tentu saja satu level di atas Nokia 5800 hasilnya..

Untuk shutter kamera, menurut saya shutter pada ponsel ini kurang nyaman, terasa lembek, ada kemiripan dengan shutter Nokia N73, saya merasa kurang nyaman dengan shutter kamera ini karena saat saya menekan shutter kamera ini, tak terasa adanya perlawanan dari dalam sehingga bisa saja kebablasan saat menekan shutter, dan tentunya bila kebablasan tekannya maka hasil tidak akan fokus, berbeda dengan shutter Nokia 5800 yang terasa sesuai di jari, tak terlalu keras dan juga tak terlalu lembek, sehingga kita dapat mengetahui dimana saat shutter sudah kita tekan setengah.

b. Music Player

Layaknya ponsel Symbian Nokia layar sentuh lainnya, tampilan pemutar musik Nokia N97 mini ini sama dengan Nokia 5800, yang saya perhatikan tak ada yang berbeda, baik tampilan list lagu dan yang lainnya.

Untuk keluaran speaker ponsel ini,

c. Games

Dengan hadirnya chipset grafik pada ponsel ini membuat aksi bermain game menjadi semakin asyik dan nyaman, pergerakan frame game terasa lebih halus ketimbang Nokia 5800, dan tentu saja adanya chip grafis ini juga membawa efek baik pada efek animasi ponsel ini, semua pergerakannya terasa halus, termasuk browsing foto di galeri, tampilan dialler juga lebih halus saat dibuka dan ditutup, pokoknya bermain game dengan ponsel ini terasa menyenangkann..😀

d. Office Suite

Ponsel ini sudah dilengkapi dengan office suite lengkap satu folder, berbeda dengan Nokia 5800 yang masih harus nginstall sendiri, office suite pada ponsel ini sama halnya dengan Office suite di Nokia 5800 bila telah kita install, aplikasi ini salah satu aplikasi penting untuk hal-hal darurat di kampus, dan pengoperasiannya pun cukup mudah tuk digunakan..

e. Web browser

Browser pada ponsel ini sama saja dengan browser Nokia lainnya, hanya saja browsing dan perpindahan halaman akan terasa lebih halus, koneksinya pun terasa lancar, namun tentu saja, penggunaan ponsel untuk internetan akan terasa lebih efisien bila menggunakan Opera Mobile, jadi pulsa kita takkan terpotong terlalu banyak dibandingkan bila kita menggunakan browser bawaan Nokia..

5. Daya Tahan

Untuk daya tahan baterai, ponsel ini sanggup bertahan dalam 2 hari sekali charging baterai, namun daya tahan akan otomatis menurun sejalan dengan aktivitas yang kita lakukan dengan ponsel ini, apalagi bila digunakan merekam video dan memutar video dalam waktu lama, maka tentu saja ponsel ini akan segera melemah sama halnya dengan Nokia 5800..

6. Kesimpulan

Dengan harga sekitar Rp. 3.799.000, saya rasa ponsel ini patut untuk dibeli, apalagi untuk saat ini, selain N900, Nokia N97 masih merupakan Flagship Vendor Nokia, apalagi fitur dan spesifikasi yang dimilikinya sudah tergolong canggih, apalagi bila kita memiliki budget yang mumpuni dan bebas memilih ponsel.

Namun bila merasa telah bosan dengan tampilan Nokia yang ‘begitu-begitu saja’  dan mengincar keypad qwerty yang nyaman, saya rasa ponsel ini tidak begitu menyenangkan untuk dibeli, apalagi keypad qwerty nya yang terasa tak nyaman, susunan keypad qwerty 3 baris milik Nokia ini tak terlalu mudah untuk digunakan, belum lagi masih banyak ponsel lain yang memiliki fitur yang lebih canggih dengan harga yang sama.

Tentunya sebelum membeli ponsel, pilihlah dengan lebih bijaksana, pikirkan dulu fitur apa dan apa keuntungan setelah membeli ponsel tersebut, jadi di belakangan gak akan menyesal..😀

Semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih..

18 responses to “Ulasan saya mengenai Nokia N97 Mini

  1. Sampai kapan ya gan nokia begini terus,kemaren ane di tawarin temen N86 8Mp,cuma 1,5 jt gan,tapi sayang gak ada dus book nya a.k.a colongan,minat sih tapi balik lagi ma kabel flexible nya,ane trauma pas pake 5300,.

    • hehe mnding jgn beli gan klo batangan, nyervisx nnti yg repot krna ga ad garansi..
      iyaa fleksibel nokia klo uda kenaa susah gann, muahall, hehe..
      yg 5700 aj muahal bgt, hehe..

  2. Eh gan,punya ane pas di update jadi fw 50 kok malah jadi mirip 5800 navigator edition ya?tema sound wave yang dulu keganti ama tema Navigator,.

    • iyaa gan, ane jg dlu gtu, pas slse update tba2 gnti jdi navigator, tp klo mw dbalikin jdi soundwave lg bsa update ulg pke os d navifirm gann..😀
      kmaren ane bsa update lg n dapet theme soundwave gann..

    • owalaa gann, msi pake yg bwaan tohh, hehe..
      klo gtu nungguin aja gann update ke fw60, hehe..rumorx sihh udah hmpir kluar gann..😀
      mantabhh punya gann fwx, ad kbar hs n97 uda ad d tube gann..

  3. mas mau nanya,hasil rekaman video saya pk settingan widescreen mp4,hasilnya koq ada delaynya ya,sy pk software version 12.0110 nokia n97 mini???
    trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s