Noka 5800 vs Nokia N73

Hahaha kebetulan kemarin ponsel penasehat a.k.a sahabat a.k.a ustadz saya sudah tiba sehingga saya dengan segera menggerogoti ponsel miliknya yaitu N73, ahaha sudah lama saya ingin melakukan compare head to head langsung dengan N73 melawan Nokia 5800 saya, berhubung kedua ponsel tersebut memiliki resolusi dan lensa kamera yang sama, langsung saja kita mulai head-to-head nya..

(saya tidak memiliki foto untuk compare ini berhubung saya menulis postingan ini di warnet dekat kampus, namun dalam waktu dekat saya akan melakukan update postingan ini)

1. Tampilan a.k.a Bodi.

haha kedua ponsel ini berasal dari keluarga yang berbeda tapi dari marga yang sama (haha benar gak ini perumpamaannya), yang satunya dari Nseries dan yang satunya dari XpressMusic series, kedua ponsel ini sama-sama merupakan ponsel high-end yang tentunya dengan fitur yang sudah dimaksimalkan (disesuaikan dengan kelasnya), dari bodi ponsel N73 terlihat lebih santai dengan balutan warna hitam, sama halnya dengan Nokia 5800, hanya saja 5800 terlihat lebih garang dengan desain musiknya, walaupun terkadang terlihat murahan bila di bawah sinar matahari karena bahan depan yang terbuat dari plastik.

N73 dan 5800 memiliki ciri khas tersendiri yang membuat ponsel itu terlihat garang, namun menurut saya sendiri Nokia 5800 lebih unggul dimana bodi ponsel 5800 tidak sebongsor N73 yang terlalu tebal bila dibandingkan N73.

2. Kamera.

haha ini dia, head-to-head dengan resolusi dan lensa yang sama, hanya saja wahh, hasil kamera N73 terlihat jauh lebih bagus dibandingkan Nokia 5800, haha voila dah, walaupun awalnya viewfinder N73 terlihat kebiru-biruan, namun hasil N73 terlihat bagus setelah objek diambil, noise pada N73 terlihat jauh lebih sedikit pada layar N73, sedangkan Nokia 5800 dengan objek yang sama dan jarak yang sama terlihat banyak noisenya dan sedikit blur pada beberapa sisi, hanya saja shutter speed pada Nokia 5800 lebih cepat dibandingkan Nokia N73, untuk modus makro dengan hasil yang sama, terlihat Nokia 5800 lebih fokus pada jarak yang telah ditentukan sehingga bagian belakang pada objek yang kita ambil terlihat blur, sedangkan Nokia N73 terlihat fokus pada segala sisi objek yang kita ambil, untuk warna pada hasil kamera saya perhatikan Nokia N73 lebih unggul, apalagi Nokia 5800 terkadang terkesan gelap di bagian belakang objek,

untuk kamera N73 masih lebih unggul dibandingkan Nokia 5800, kamera N73 terkesan kebiru-biru an sedangkan Nokia 5800 grainy, noise pada Nokia 5800 juga lebih banyak dibandingkan Nokia N73.

*Update : haha kalau menurut saya pribadi, lebih bagus hasil kamera Nokia 5800 ding! sumber : pengalaman sendiri*

3. Pemutar Musik.

ada banyak yang menanyakan tentang kualitas suara kedua ponsel ini, maka disinilah jawabannya, suara ponsel N73 terdengan lebih besar dibandingkan Nokia 5800, tapiiii (ada tapinya) suara N73 cemprengnya bukan main, besar sih besar tapi suara bass nya gak ada kedengaran, terkesan gak bertenaga walaupun besar, sedangkan suara Nokia 5800 terdengar sedikit lebih kecil dari N73 hanya saja suara bass dan instrumen lainnya terdengar dari kedua speaker Nokia 5800, jadi bila kita mendengarkan lagu dengan Nokia 5800 telinga kita gakkan terasa panas, untuk suara ringtone entah mengapa suara Nokia 5800 terdengan lebih besar walapun dengan nada ringtone yang sama dan volume yang sudah diset maksimal, dan juga pada Nokia 5800 unggul karena memiliki port 3.5 mm sehingga kita bisa dengan leluasa memasangkan headset dan speaker aktif ke ponsel ini, beda dengan N73 yang masih menggunakan port brush type yang merupakan port klasik khas nokia, kita bisa saja menyambungkan N73 ke speaker aktif hanya saja kita harus selalu membawa port jack 3.5 mm, ribet pokoknya.

Untuk suara loudspeaker, N73 terdengar lebih besar, namun suara Nokia 5800 terdengan lebih nyaman di telinga dimana semua instrument dapat terdengar jelas, termasuk suara bass yang nendang, apalagi port Nokia 5800 sudah menggunakan 3.5 mm sehingga kita dengan leluasa dapat menggunakan headset favorit kita.

4. Metode input.

kedua ponsel ini berasal dari aliran yang berbeda, yang satunya kayar sentuh dan yang satunya lagi menggunakan joystick dan keypad untuk mengetik, yang tentu saja bila kita menggunakannya untuk mengetik akan terdengan suara “tik tik tik tik”, beda dengan Nokia 5800 yang terkesan silent mode (stealh mode), hihi jadi kalau mau mengetik sms saat jam kuliah atau jam pelajaran bisa dengan mudah tanpa ketahuan, hanya saja ada sisi negatif dan positifnya, yaitu bila kita mengetik menggunakan keypad tanpa melihat ponsel pun kita sudah bisa mengetik dengan lancar, beda dengan Nokia 5800 yang harus diperhatikan baik-baik bila mau mengetik, disamping itu menggunakan Nokia 5800 yang full layar sentuh metode inputnya membuat mata kita bekerja ekstra untuk mengetik, bagi yang sudah terbiasa pun pasti akan tetap merasakan tekanan tersebut, dimana akan merasa lelah untuk membalas sms.

N73 dan Nokia 5800 masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan dalam metode input, hanya saja bagi anda yang merasa risih dengan suara keypad mungkin akan lebih memilih Nokia 5800, mengingat joystick N73 sering bermasalah.

5. video recorder.

untuk video recorder, sudah pasti Nokia 5800 menang, dimana 5800 dapat merekan dengan kecepatan 30 fps dengan resolusi VGA dan diagonal layar 16:9, serasa nonton film bioskop ne, beda dengan N73 yang hanya memiliki kecepatan merekam sekitar 20-23 fps (seingat saya) resolusi CIF dan diagonal layar 4:3.

untuk merekam video sudah jelas Nokia 5800 menang, ditambah lagi kualitas suara rekaman yang dihasilkan Nokia 5800 lebih ‘nyata’ ย bila didengar.

6. Konektivitas.

kedua ponsel ini sama-sama merupakan high end di kelas mereka saat pertama kali diluncurkan, kedua ponsel memiliki kecepatan data paket yang tinggi, hanya saja 5800 lebih unggul karena sudah mendukung HSDPA, tentu saja N73 belum punya karena jaman saat ponsel itu diluncurkan memang belum ada kecepatan data paket HSDPA (3.5G), saat saya menguji kecepatan internet dengan sinyal sama-sama 3G (saat itu kebetulan bersamaan 3G), Nokia 5800 berhasil terhubung dengan server IM yahoo sedangkan N73 belum sampai juga, padahal dengan operator yang sama dan lokasi yang sama.

konektivitas Nokia 5800 lebih unggul dan terasa stabil dibandingkan Nokia N73.

7. Baterai

jika dipikir-pikir tentu saja Nokia 5800 lebih kuat karena kapasitas baterainya yang memang lebih dibandingkan N73, hanya saja pada Nokia 5800 akan lebih banyak pemakaian berhubung menggunakan layar dengan ukuran yang besar dan resolusi yang tinggi, hal itu membuat konsumsi baterai pada Nokia 5800 lebih banyak dibandingkan ukuran layar N73 yang 2.4″ inci, belum lagi Nokia 5800 memiliki GPS receiver, namun semua itu kembali pada tingkat pemakaian kita, saya rasa kedua ponsel ini sama-sama kuat kok.

kedua ponsel ini sama-sama memiliki daya tahan yang hampir sama, nokia 5800 akan terasa lebih cepat berhubung fitur yang dimilikinya lebih berat dibandingkan Nokia N73.

Semua kembali pada anda sendiri para pengguna, ingin memilih yang mana, karena walaupun sudah ketinggalan beberapa tahun, Nokia N73 masih saja diminati karena fiturnya yang lengkap dan kulitas kamera yang bagus dibandingkan Nokia 5800, namun ada baiknya bila melirik Nokia N78 dimana sudah memiliki fitur yang tak ketinggalan jaman dan desain yang futuristik, garang layaknya Nokia 5800 berbalut bahan plastik hitam.

semoga bermanfaat bagi para pembaca..๐Ÿ™‚

18 responses to “Noka 5800 vs Nokia N73

  1. Lebih prefer 5800 XM,udah ada wifi,HSDPA,Hp anti slip,memori ext bawaan 8Gb,TV out,dan masih banyak lagi,hahahaha,.

    • hehe dari segi kelengkapan fitur memang 5800 xpressmusic menang mas, apalagi setelah diupgrade ke fw50, hasil kameranya sudah ga kalah lagi dari n73, hehe..๐Ÿ˜€

  2. Hahaha,iya emang 5800 mantab,tapi ngiler X6 nih,katanya layarny udah capasitive like iphone,bner gak sih?

    • iyaa mmng x6 udah capacitive, tpi blm bisa multitouch n tak seakurat iPhone, X6 mmng bagus aplg desainx futuristik, mngkin ad baekx nunggu smpe X6 bisa multi-touch, hehe..๐Ÿ™‚

  3. Kemarin lihat majalah pulsa udah ada X6 versi 8Gb,kira2 kapan ya nyampe’ sini?pngen beli yang 8Gb aja,buat apa memori terlalu besar,toh cuma buat dengar beberapa lagu,poto2 dikit.nyimpen bb++ dikit,lha 5800 ku aja masih sisa 5Gb,oh iya denger2 X6 dah di kasih chip special buat speakernya ya,kira2 lebih bagus dari 5800 gak ya? Maaf kepanjangan.

    • hehe perkiraan saya spertinya skitar bulan september n oktoberr gann..๐Ÿ˜€
      iyaa setujuu bangett gann, memory 8gb aj uda ckup, tuk apa ngeluarin duit byk2 cma tuk memori yg ga kepakee, hehe..
      hhmm klo tuk chip tu ane ga bgtu tau gann, yg ane tw hape music nokia yg pke chip yaa nokia 5700 n 5610 gann.
      sya blm pnh dnger suara speaker x6 gann, mkax blm brani jawabb, hehe..

  4. Tapi kalo 5800 ku belum wafat,ane belum mau ganti hp gan,cause ni hp bener2 mantap,agak lemot sih tapi gak masalah,moga2 aja hp 5800 temen yang kebanting boleh tak beli,tutup baterai ane dah terkelupas lapisan karetnya gan,pas d seluruh bagian samping,soalnya ane pake hard case bawaan nya gan (full pack),kalo baterainya dah ane tuker ma punya 5230 ade’,hahaha jadi awet lagi,punya agan 5800 nya warna silver juga?maap kepanjangan,hahaha.

    • hahaha enakknyaa gann dapet yg fullpack, psti keren tu casenyaa..๐Ÿ˜€
      wuihh ide yg bagus gann tuker baterai 5230, hehe..
      ap baterai 5800 agan yg prtama jd kembung n drop an gann??
      iyaa gann, hahaha dapetnya yg silver, msi mnding silver rsanyaa gann..

  5. Iya gan,enaknya kita dapet stylus cadangan,jadi gak kawatir kalo ilang,gak begitu drop kok gan,tapi kan gan lumayan dapet baterai baru huhuhu,iya gan yang warna biru ama merah gak begitu elegan,.

    • hahaha enaknyaa, stylus ne penting bgt gann, sbenarx g sering dpake, tp klo ga ad d tempatx tu rasax megang 5800 rada anehh, hehe..
      x)
      bener bgt gann, hehe..
      warna yg silver ne enak dlihat gan..๐Ÿ˜€

  6. Kemaren temen ane yang punya tube warna merah jual Tube nya,eh di tawar 1,4 jt gan,huhuhu murah,cause layarnya baret2,ati2 make’ nya gan,emang wajib pake screen guard ne hp,

    • hehe iyaa gann, bis layar ne bgian yg pling klihatan d tube, klo ad beset aj hrga jual balekx uda jatuh bgt..pke screenguard gnti sbulan skali aj gan bagusx, hehe..๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s