Upgrade Software iPhone 3.1

Upgrade Software 3.1 iPhone 3G

“Melakukan upgrade software sendiri?”, hhmm memang terkesan antara hidup dan mati ponsel ini, karena yang namanya upgrade software yang membutuhkan koneksi internet memang selalu dihantui rasa takut, belum lagi bila saat ponsel sedang melakukan upgrade trus tiba-tiba DC (disconnect) saat upgrade telah sampai pada 99%! nah bisa gigit jari kan, belum lagi koneksi internet di daerah saya ini (rumbai) sering hilang sinyal Telkomsel Flash nya, namun untungnya iPhone dengan iTunes punya pilihan lain agar kita gak gigit jari bila gagal dalam melakukan software.

Disini saya akan membagi tips saya dalam melakukan upgrade software iPhone 3.1, upgrade ini dilakukan bila tempat anda membeli iPhone tak menyediakan jasa yang ‘seharusnya’ mereka berikan seperti di iklan mereka, “segeralah minta upgrade ke iPhone versi 3 untuk fitur yang lebih canggih”, karena saat itu iPhone 3G yang dibeli masih versi 2.1.1, jadi saya berencana untuk melakukan upgrade ke versi 3.1 dimana telah banyak fitur baru yang ditambahkan (seperti kemampuan untuk menyimpan file dari email dan mode landscape keyboard qwert virtual), kebetulan karena saya sudah memiliki aplikasi iTunes jadi mudah saja untuk melakukan koneksi ke iPhone, namun lebih baik lagi bila kita sudah menggunakan iTunes terbaru (saat ini versi 9.1 seingat saya), jadi yang kita butuhkan adalah :

  1. iTunes Versi terbaru (Versi 9.1)
  2. Kabel USB iPhone
  3. Laptop/PC yang tahan banting (loh??hihi)
  4. Charger baterai laptop.
  5. Modem atau jaringan internet.
  6. iPhone yang akan diupgrade.
  7. Dan secangkir teh tentunya. (nge-teh dulu dong)😀

Oke setelah semua persyaratan di atas dipenuhi, maka let’s rock and roll!😉

Langkah-langkah dalam melakukan upgrade software :

  1. Hubungkan iPhone anda ke laptop/PC anda.
  2. Buka aplikasi iTunes.
  3. Saat anda membuka aplikasi iTunes, nanti anda akan menemukan “welcome to your new iPhone”, disitu akan ada pilihan, pilih saja continue.
  4. Nah setelah itu anda akan menemukan jendela pada iTunes yang berisi spesifikasi iPhone anda, mulai dari versi software, total memori dan lain-lain.
  5. Sambungkan PC/laptopanda ke dunia maya a.k.a internet menggunakan jaringan atau modem yang tersedia.
  6. Setelah PC/laptop anda terhubung, maka akan segera muncul pesan “there’s a new version of iPhone software, upgrade it?” (kurang lebih seperti itulah), akan muncul pilihan “cancel” + “download and update” + “download only”.
  7. Pilih download only, disini kita hanya akan mendownload software iPhone ke aplikasi iTunes kita, jadi tak perlu dalam keadaan iPhone terhubung ke PC/laptop.
  8. Setelah itu cabut saja iPhone anda untuk mengurangi rasa was-was anda. Hihi😀
  9. Proses download software ini akan memakan waktu lama karena ukurannya mencapai 241.7 MB, namun hal itu tak menjadi masalah bagi anda yang memiliki jaringan internet dengan kecepatan tinggi, sangat disarankan melakukan proses ini di jam 23.00 disaat lalu lintas internet tak begitu padat.😀
  10. Setelah proses download selesai, anda bisa menghubungkan kembali iPhone anda ke iTunes agar iTunes dapat melakukan sinkronisasi dengan iPhone.
  11. Setelah iPhone anda terhubung ke iTunes yang sudah ter-install software iPhone versi 3.1 anda cukup menekan “update” di layar iTunes anda, di layar pertama dimana ada foto iPhone dan spesifikasi iPhone anda, lakukan hal ini dalam keadaan PC/laptop masih terhubung ke internet.
  12. Selama proses update berlangsung, silahkan minum teh yang  tadi telah anda siapkan.😀
  13. Setelah iTunes selesai melakukan proses update, akan ada notifikasi bahwa proses update selesai dan anda bisa mencabut iPhone anda selama iPhone melakukan start up.
  14. Setelah iPhone anda nyala, jangan kaget bila anda menemukan iPhone anda dalam keadaan terkunci, dan hanya bisa digunakan untuk menelfon darurat, hal itu terjadi karena anda belum melakukan verifikasi di server Apple melalui iTunes, untuk itu hubungkan kembali iPhone anda.
  15. Disaat anda menghubungkan iPhone anda ke iTunes dimana masih dalam keadaan terhubung ke internet, anda akan mendapatkan option untuk melakukan verifikasi ke server, tekan continue saja.
  16. Setelah proses verifikasi selesai, dan iPhone anda telah berfungsi secara normal kembali, itu artinya anda telah berhasil melakukan upgrade software 3.1.

Demikianlah langkah-langkah yang juga saya lakukan saat melakukan upgrade software iPhone, memang menunggu proses unduh software sangat lama, saat saya mengunduh software iPhone estimasi waktu menunjukkan 12 jam tersisa, tapi saat saya melakukan pengunduhan di tengah malam, proses unduhan sudah selesai saat saya bangun jam 6 pagi.

Semoga info yang saya berikan di atas bermanfaat bagi anda.🙂

10 responses to “Upgrade Software iPhone 3.1

    • hehe yang penting dijalani satu2 langkahnya, semuanya bakal baik2 saja kok, bahkan lebih gampang + aman upgrade iPhone dibandingkan Nokia 5800 saya, sampai saya stress ne 5800 saya belum FW40 gara2 NSU yang bermasalah.

  1. bos,,, g udh ikutin step diatas satu persatu,,, g bingung pas udh sampe tahap yang ke lock g ga tau cara verivikasinye … mohon pencerahannya… g skarang upgrade ke 4.1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s