Home Screen Nokia

“Bosannn..”, mungkin perasaan tersebut akan terpintas di dalam pikiran kita disaat kita telah lama menggunakan suatu ponsel, pasti kita akan menemukan sebuah situasi dimana kita merasa bosan dengan layar utama ponsel kita, baik dari wallpaper, tema ataupun icon penyusun layar utama, nah untuk menghilangkan perasaan bosan tersebut, telah banyak pihak ketiga yang menciptakan aplikasi untuk menciptakan tema ponsel, sebagai contohnya bila kita menggunakan ponsel Nokia 5700 XpressMusic kita dapat menggunakan aplikasi Theme Creator, aplikasi itu memungkinkan kita untuk membuat tema langsung dari ponsel sehingga kita tak perlu susah-susah untuk menghubungkan ponsel ke PC/Laptop, namun sayang sekali aplikasi tersebut sangat terbatas dalam memodifikasi tema untuk ponsel kita, kita takkan bisa mengganti home screen shortcut pada ponsel kita (6 icon shortcut bar) yang biasa nongol di bagian atas layar (di bawah nama profil), untungnya telah ada aplikasi handyshell yang bisa menghilangkan rasa jenuh kita dengan barisan shortcut yang monoton, dengan handyshell layar kita akan dipenuhi dengan shortcut dan beberapa notifikasi penting di layar utama, sebagai contohnya kotak pesan, email, bluetooth dan masih banyak lagi, namun lambat laun pasti anda akan merasa bosan juga dengan penampilan homescreen anda yang seperti itu (haha manusia memang tak ada rasa puasnya ya?), saya merasakan hal serupa dengan Nokia 5800 XpressMusic saya yang makin hari home screen nya semakin membosankan, saya telah mencoba aplikasi handyshell pada Nokia 5800 XpressMusic saya, namun hal tersebut tak bertahan lama hingga saya menemukan suatu inovasi baru dalam membunuh rasa bosan saya, aplikasi yang tidak monoton dan membuat kita bebas untuk berkarya, aplikasi tersebut adalah aplikasi GDesk, aplikasi ini memungkinkan kita untuk mendesain semua komponen layar utama kita, bar baterai, bar sinyal, jam, shortcut icon dan masih banyak lagi, sebagai contohnya, disini saya akan mengunggah contoh homescreen saya.

Earth Home Screen

Earth Home Screen (phu2t) merupakan tema pertama yang saya buat sendiri 100% stylus made (hihi abis kalau pakai jari dan plectrum bakal stress), benar-benar sangat ribet dan rumit bila kita pertama kali membuat tema GDesk (cuma saat pertama kali aja kok), membuat tema GDesk ini memakan waktu dari jam 8 malam hingga jam 8 pagi (dimana jam 12 saya tidur dan kembali melanjutkan mendesain tema ini jam 6 pagi), icon pada tema ini saya ambil dari icon RKlauncher dari laptop saya, karena saat itu tak ada koneksi internet untuk mengunduh ikon-ikon dari internet, makanya saya menggunakan cara mudah saja yaitu mengambil dari yang ada saja (~_~’), bahkan sebagian komponen dari tema ini saya ambil dari tema GDesk Android yang saya miliki sebelumnya, hal ini saya lakukan karena saya belum ngerti cara membuat file png agar dapat digunakan sebagai bar baterai dan sinyal, untuk penyusunan icon(bukan pembuatan icon)+wallpaper+desain slide (overall lah pokoknya) dari tema ini 100% buatan stylus saya, hihi..jadi bila anda tertarik untuk menggunakan home screen ini anda dapat mendownloadnya disini : http://www.4shared.com/file/167037633/ac88bff8/Phu2t.html

Tree Minimalis

Tree Minimalis merupakan tema home screen GDesk garapan saya yang kedua, ini merupakan versi minimalis dari versi sebelumnya, walaupun cuma satu halaman (tanpa slide lain) tema ini tetap terlihat menawan dengan warna coklat gelapnya, saat membuat tema ini, saya sudah lumayan terbiasa sehingga waktu pembuatan tema ini tak memakan waktu banyak, penggunaannya pun lebih mudah dan sederhana, bagi anda yang tertarik dengan tema ini dapat mengunduh di : http://www.4shared.com/file/167038285/f9757b8c/Tree_Minimalis.html


Yang perlu anda ingat, bila anda ingin menggunakan home screen tersebut, anda perlu menginstall aplikasi yang bernama GDesk ( http://www.4shared.com/file/167042091/391a66ce/Gdesk_v033g_Signed.html ), anda harus menginstal semua yang ada di dalam folder tersebut (ada 7 file), lalu setelah anda menginstal aplikasi tersebut, silahkan membuka aplikasi GDesk, saat pertama anda membuka aplikasi tersebut, anda akan disuguhi dengan layar biru muda kosong, klik layar di mana saja, lalu pilih design-load design, sebelumnya anda harus menyimpan file gdd yang anda unduh sebelumnya (file gdd meruapakan ekstensi file tema GDesk), lalu anda cukup load design file gdd yang telah anda simpan sebelumnya di memori card anda, maka anda akan menemukan layar anda dengan home screen theme yang telah anda unduh sebelumnya (Alhamdulillah bila menggunakan tema GDesk saya, hihi), anda akan menemukan layar anda dengan tampilan non-full screen, untuk memaksimalkan aplikasi ikuti langkah berikut :

1. tap sekali saja pada layar (jangan icon).

2. pilih option.

3. lalu centang :

– replace main.

– full screen.

– long flick.

– list system apps.

– left soft key : close

– hide title caption

– enable design shortcuts.

– remember last menus.

4. VOILA!😀, anda akan menemukan layar anda menjadi seperti yang anda inginkan.

5. untuk menggunakan dialler (tombol angka virtual), anda cukup tekan tombol menu pada ponsel, lalu tekan tombol hijau.

Sangat mudah bukan? hihi, bila anda ingin berkreasi, silahkan memilih menu design, akan ada banyak menu dan pilihan yang pastinya anda akan terbiasa setelah mengeksplorasi aplikasi tersebut, untuk mengganti shortcut home screen icon anda cukup replace with apps lalu pilih dengan aplikasi apa yang anda inginkan.

demikian tulisan saya, semoga bermanfaat bagi anda, terima kasih telah membaca blog saya.🙂

4 responses to “Home Screen Nokia

Leave a Reply

