Ulasan mengenai Nokia 5730 XpressMusic

Nokia 5730

Nokia 5730 XpressMusic merupakan ponsel dengan desain slide samping garapan perusahaan ternama Nokia, ponsel ini memiliki kesamaan desain dengan Nokia E75, walaupun desainnya menyerupai, namun terdapat banyak perbedaan dari ponsel ini, terutama dari bahan penyusun ponsel ini, ini adalah ponsel seri XpressMusic pertama dari Nokia yang menggunakan keyboard qwerty, walaupun ini merupakan ponsel musik, namun ponsel ini juga mendukung game dari N-GAGE, sehingga kita dapat memainkan game-game keren dari pihak ketiga pengembang (contohnya GAMELOFT), apalagi dengan kehadiran keyboard qwerty membuat ponsel ini akan sangat nyaman bila digunakan untuk urusan messaging, untuk pejelasan lebih lanjutnya, monggo mari membacaaa..😀


 

Review ponsel kali ini, bukanlah merupakan pengalaman saya dalam menggunakan ponsel ini, saya hanya merangkum dan menyimpulkan segala hal yang saya ketahui tentang ponsel ini dari berbagai sumber, saya akan berusaha menyampaikannya dengan bahasa yang mudah dimengerti. :-)


1. Harga saat ini.

Untuk bulan November 2009, ponsel ini dipatok pada harga Rp. 3.299.000, terkadang terdapat perbedaan harga di setiap tempat, namun perbedaan harga tersebut takkan terpaut jauh sekitar Rp. 100.000.

 

2. Kesan awal pada ponsel ini.

Awal-awal pemberitaan akan kemunculan ponsel ini, saya melihat banyak kelebihan yang ditawarkan oleh ponsel ini, apalagi ponsel ini memiliki keyboard qwerty yang pasti akan sangat berguna untuk urusan mengetik, warna yang ditawarkan pada ponsel ini pun terlihat sangat garang, dengan warna merah hitam pada bodi ponsel ini memberikan ciri khas seri musik khas garapan Nokia (Seri XpressMusic).

 

3. Kelebihan.

Kelebihan pada ponsel ini sepertinya sudah menjadi standarisasi pada setiap ponsel baru garapan Nokia, fitur-fitur pada ponsel ini tentu saja sudah menggunakan OS Symbian versi 3 FP 2, tentu saja tampilan homescreen dan beberapa menu pada ponsel ini akan terlihat lebih segar dibandingkan versi sebelumnya.

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah fitur yang menjadi kelebihan dari ponsel ini.

  • Layar 2.4″ inci, untuk ponsel candy bar, ukuran layar ini sangat sesuai dengan bodi ponsel, dengan kedalaman 16juta warna dan resolusi QVGA membuat layar ponsel ini terlihat segar dan berwarna.
  • Keyboard qwerty 4 baris dengan susunan khas keyboard qwerty Nokia.
  • Sudah mendukung 3.5G HSDPA.
  • Sudah menggunakan Symbian OS S60 3.2 UI
  • Prosesor 369 MHz ARM11 CPU
  • Port headset sudah menggunakan 3.5 mm, sehingga kita dengan mudah bisa menggunakan headset favorit kita.
  • Dalam paket sudah disediakan microSD dengan ukuran 8GB.
  • Kamera sudah menggunakan resolusi 3.2 MP dengan fitur auto focus, geotagging dan juga video recording pada resolusi VGA 30fps.
  • Memiliki fitur Wi-FI.
  • Memiliki A-GPS receiver.
  • Shortcur tombol musik yang memudahkan kita bila ingin mengganti dan menghentikan musik.
  • Mendukung game dari N-GAGE, dan juga memiliki tombol khusus untuk bermain game N-GAGE.
  • Tampilan foto pada galeri sama seperti galeri milik ponsel N-Series.
  • Nokia Say and Play (kontrol musik menggunakan suara)

4. Kekurangan.

Dibalik desain slide samping ponsel ini, tersirat suatu kekhawatiran dalam benakku dengan kabel fleksibel pada ponsel ini, saya khawatir akan mengalami masalah yang sama dengan ponsel Sony Ericcson W850i ku dulu, walaupun desain slide ponsel ini terkesan kokoh, saya masih saja khawatir, uhuhu abis kalau mau ganti fleksibel harus nyiapin uang lebih lagi, huhu akhirnya gak jadi deh beli ponsel ini, disamping itu keyboard qwerty pada ponsel ini terkesan murahan (apalagi bila dibandingkan dengan E75), terlihat sekali bahwa angka-angka pada keyboard ponsel ini hanya merupakan tempelan saja (huhu jika salah, Alhamdulillah), apalagi bahan ponsel ini juga terbuat dari plastik yang membuat ponsel ini terlihat murahan, huhu..disamping itu juga, kekuatan baterai pada ponsel ini juga sangat rendah, daya tahannya tak cukup lama bila dibandingkan dengan ponsel sekelasnya, yang saya tahu kekurangannya cuma itu saja.. (jika ada masukan monggo)

 

5. Kesimpulan.

Dengan harga di atas 3 jutaan, ponsel ini telah memberikan kita banyak fitur dan kenyamanan dalam menggunakan ponsel slide samping, apalagi bila anda termasuk orang yang sudah ‘terlanjur cinta’ dengan OS Symbian Versi 3 ini, ponsel ini merupakan pilihan yang sangat tepat mengingat ponsel ini memiliki banyak peningkatan fitur pada software, namun bila anda termasuk orang yang menginginkan ponsel musik yang simpel dengan kemampuan layar sentuh, saya rasa ada baiknya bersabar, karena sebentar lagi Nokia akan meluncurkan ponsel Nokia X6, ponsel musik layar sentuh dengan segala kelebihan yang sangat pantas untuk dipertimbangkan, dengan modal 3 juta dan sedikit bersabar (pasti akan nambah lagi itu modal sejalan dengan perputaran waktu, idih bahasaku) maka anda akan mendapatkan ponsel layar sentuh buatan seri X pertama garapan Nokia.😀 (lihat ulasanku mengenai Nokia X6)

 

Demikianlah review saya mengenai ponsel ini, semua yang saya tulis di atas saya dapatkan dari berbagai sumber, adapun juga yang saya dapatkan sendiri karena saya sering melihat pameran ponsel dengan memegang replika, ataupun beberapa narasumber yang pernah menggunakan ponsel ini.

 

semoga ulasan saya di atas dapat bermanfaat bagi anda, terima kasih telah membaca..

:-D

9 responses to “Ulasan mengenai Nokia 5730 XpressMusic

  1. Harga second nih hp terjun bebas gan,kmaren sempet nanya di temen ku,dia ngejual second 1,7 jt,waaah,tu harga jual konternya,gimana dengan harga ambil dari user ya?ternyata konter ambilnya rata2 berkisar 1,2 – 1,3 jt,anjlok banget gan,dah gitu gak keluar barunya (discontinued) parah nih hp,padahal soal fitur hampir sama kaya Tube,.

    • iyaa gann, hape tu terkesan gagal masuk d pasaran, pnggunax pun sdkit gann, miris jg lihat nasib hp tu, pdhl dri segi fitur uda memadaii..
      untung aj dlu ga jdi beli hape tuu, hehe..
      x)

  2. Di kota ane malah anjlok tuh hp,sekarang second nya cuma 1,5 jt,huhuhu,bener2 trend hp udah balik lagi ke touch screen,hidup touch screen,.

  3. milih mn gan……nokia E75 ama 5730…..n kelebihan dan kekurangan kedua hp tersebut…..soalnya ane mw beli…..sampun nggeh..matursuwun…..

    • hehe pilihan yg agak rumit gan, sbnarx sih msih mendingan 5730 gann, wlopun bahan material pnyusun bodix ga sbagus e75, tapi tampilanx tu garang gan, enak dipandang, aplg homescreenx lbih asik, hehe..
      nggeh sami2 gan, monggoo..

  4. Berarti termasuk bagus dunk nokia 5730s gag ada keluaran baru..termasuk hp limited edition..soal fitur dan tampilan’y hp ini garang bangat..enak di pandang..kekurangan’y klo udah rusak,,,susah di benerin’y..paling ribet..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s