Tips-Trick-Isu pada Nokia 5800 XpressMusic

Tips ini saya rangkum dan susun sesuai yang saya lakukan, ada juga pembahasan saya tentang isu yang sering muncul di forum dan blog lain, semoga ini bisa bermanfaat bagi anda, karena masalah yang saya alami ini merupakan masalah yang sering muncul di ponsel ini, sejatinya sebenarnya ponsel ini tidak bermasalah, hal yang tak masalah itu akan menjadi masalah bila kita menganggap hal itu merupakan masalah, jadi untuk masukan, akan saya tuliskan di bawah ini, monggo diboco..πŸ˜€

 

1. Jangan terlalu sering menghubungkan PC/Laptop ke ponsel menggunakan kabel data, apalagi setelah itu langsung sekenanya mencabut kabel (bahkan walaupun sudah safely remove), karena disaat kabel dicabut dari ponsel, ponsel ini akan melambat, ntah apa yang menyebabkannya begitu, lambat sekali dalam memproses, sering terjadi hang untuk beberapa detik, jadi lebih baik jika memang harus menggunakan kabel, setelah dicopot tidak usah buru-buru dipakai, tunggu sejenak, setelah itu baru gunakan, untuk yang lebih aman lagi, menurut saya masih mending copot memori daripada pakai kabel data, ini saya pribadi yang merasakannya, jika masalah ini tak pernah terjadi pada ponsel anda, maka bersyukurlah ponsel anda tangguh, hehe.

 

2. Terkadang layar menjadi blank setelah mencabut pengisian baterai dari port, blank disini bukan berarti hilang total, disini terjadi karena kesalahan kecil pada sistem, kesalahan itu sering terjadi disaat lampu menyala pada keadaan layar terkunci, disaat seperti ini bila kita menggeser trigger (pembuka kunci layar) maka layar akan mati / blank, namun setelah kita menggeser lagi triggernya maka anda akan menemukan ponsel anda dalam keadaan terkunci namun layarnya menyala, hal ini pasti dan sering terjadi, sebenarnya ini bukan masalah, hal ini merupakan hal biasa, jadi untuk keluar dari masalah ini, anda cukup santai, disaat pertama kali anda menemukan layar anda nyala dalam keadaan terkunci (setelah anda mencabut colokan port atau jika notifikasi sms masuk), anda cukup menekan tombol menu di bawah layar, setelah muncul notifikasi geser trigger dan latar menjadi gelap, segera geser trigger, maka VOILA layar anda akan nyala total, namun bila anda terlanjur menggeser tanpa menekan tombol menu yang istilahnya ‘wes kadung nggeser’, anda tetap bisa melakukan cara serupa dengan mengakali ponsel anda, yang penting saat layarnya nyala langsung saja geser trigger pembuka kunci layar, dan segera layar akan terbuka dan dapat diakses kembali.

 

3. Isu bahwa baterai boros dan cepat habis, oke pertama saat saya beli saya sempat merasa takut akan isu ini, huhu berharap dapat ponsel yang bisa bertahan lama, apalagi di pekanbaru waktu itu sering listrik mati, nahh setelah saya beli ponsel ini dari toko, saya merasa horor juga, saat pertama dibeli, mas yang jaga itu sekenanya saja ngotak-ngatik ponsel padahal tanpa menawarkan kepada saya (dia pikir saya ndeso apa gak tau cara make ponsel), saat itu baterainya masih ada 5 bar setelah baterainya dikeluarkan dari plastik yang masih tertutup rapat, setelah mas itu selesai mempreteli ponsel yang saya beli dengan hal yang tak berguna, akhirnya saya berkesempatan untuk menggenggam ponsel yang saya beli, dan saya menggunakannya hanya untuk memotret saja, setelah semua beres akhirnya tiba waktunya untuk pulang, nahh selama perjalanan saya menggunakan ponsel Nokia 5800 saya untuk melihat isi galeri (biasanya ponsel baru itu di memori bawaannya banyak gambar dan video yang keren), hihi dan benar saja, saya disuguhkan dengan video musik dan travelling yang memukai, gambar yang halus disertai suara yang memukau (haha kesannya sama halnya saat saya memberi Nokia 5700), nahh sesampai di rumah pun ponsel itu terus saya gunakan untuk memotret, menonton video, memainkan lagu dan memainkan game, nahh tak terasa ternyata udah hampir jam 11, yang awalnya saya melihat baterai masih ada 5 bar pada jam setengah tujuh, pas sudah jam 11 lebih saya mendapati ponsel saya dalam keadaan lowbat, huhu mana khawatir lagi kalau ntar mati lampu, segera deh saya ngecharge ponsel saya, huhu..setelah saya ingat-ingat lagi isu yang biasa dibicarain di forum dan blog bahwa baterai Nokia 5800 cepat habis, saya jadi takut dan saya sempat merasa bahwa hal itu benar, namun ternyata setelah beberapa hari kemudian, daya tahan baterai menjadi lebih lama, entah gimana prosesnya jadi bisa tahan 3 hari (toeettt ~_~’), merasa aneh juga sihh, itu saya menggunakannya secara normal, huhu ternyata daya tahan baterai yang sesungguhnya baru kerasa setelah beberapa hari menggunakan ponsel ini, hihi jadi gak perlu takut dengan isu yang mengatakan bahwa baterai ponsel ini cepat low, bahkan saya pernah membaca di blog lain kalau ponsel miliknya bisa tahan sampai 1 minggu, waww magic bukan? hihi..ada beberapa tips agar baterai ponsel ini dapat lebih hemat, yaitu gunakanlah headset bila ingin menonton video dan mendengarkan lagu, gak usah terlalu sering memainkan game, gunakanlah jaringan internet seperlunya, aturlah cahaya layar ke pengaturan yang paling rendah, matikanlah getar saat menyentuh layar, menurut saya cukup itu saja.

 

4. Isu bahwa aplikasi pada ponsel ini sedikit, dan aplikasi dari pihak ketiga masih sedikit, nah ini yang perlu dipikirkan baik-baik, mengapa masih sedikit? karena OS Symbian S60 versi 5 ini masih baru, jadi masih sedikit (waktu awal diluncurkan tahun 2008 akhir), nah coba lihat sekarang, sudah begitu banyak aplikasi atraktif dan menawan yang bisa kita jajal pada ponsel ini, dan website yang paling banyak memasuk aplikasi baru adalah website dailymobile, hihi website ini benar-benar canggih, sudah banyak banget aplikasi yang saya dapatkan dari forum website tersebut (di forum untuk mendownload aplikasi yang direview pada halaman websitenya), bahkan saya rasa pihak ketiga lebih tertarik untuk mengembangkan dan membuat aplikasi untuk versi Symbian yang satu ini, hihi bisa dilihat saja dengan banyaknya aplikasi yang beredar di internet, twitter client sudah ada, facebook application juga sudah ada, pokoknya gak rugi deh membeli ponsel dengan OS Symbian yang satu ini, beberapa aplikasi yang wajib untuk dimiliki adalah Nokia Photo Browser, iMelo, Gmail (ini yang saya rekomendasikan), hihi walaupun Mail For Exchange dan Nokia Messaging telah ada, tapi saya masih lebih suka menggunakan Gmail, hihi lagipula karena email saya lebih banyak pada Gmail, disamping itu juga aplikasi Nokia Messaging terkadang Mada (istilah di Pekanbaru/Padang), gak mau mendengarkan dan keras kepala, sering tiba-tiba online sendiri padahal saya gak minta untuk online, disuruh offline masih saja online, wah akhirnya saya menghapus deh aplikasi ini, hihi bye bye, bagi yang suka berpetualangan bisa menggunakan aplikasi Garmin, aplikasi yang keren.

 

5. Tombol media bar tidak berfungsi, hal ini hanya muncul saat awal ponsel ini dibeli, namun jika masalah ini tidak muncul pada ponsel anda, maka bersyukurlah, hihi karena saat saya pertama membeli terkadang tombol media bar tak berfungsi dan tak mau muncul walaupun saya sudah menekan tombol media bar dengan benar, cara ini dapat diatasi dengan menyalakan ulang ponsel.

 

6. Isu bahwa kamera tak bagus, nah ini yang perlu pembenaran, selama saya menggunakan sih semua hasilnya baik-baik saja, bahkan ada beberapa foto yang sudah saya masukkan di akun flickr (situs photographer) dan mendapat hasil yang memuaskan, seperti mode makro yang berkualitas, pencahayaan yang bagus dengan Double LED, selama saya menggunakan ponsel ini, saya tidak pernah merasakan isu kamera jelek pada ponsel saya, hihi..sesuai lah untuk ukuran kamera ponsel.. (jangan dibandingkan dengan kamera digital dan DSLR tapinya, hihi)

 

bila selebihnya ada lagi, nanti akan saya tambahkan lagi..

bila pembaca ada masukan dan komentar, mohon dibagi disini, pasti akan sangat berguna.πŸ˜€

terima kasih banyak telah membaca blog saya.

77 responses to “Tips-Trick-Isu pada Nokia 5800 XpressMusic

  1. Aku baru dpt masalah dr 5800_ku ni Bro.
    Pas lg buka email tiba2 jaringan ilang.Aku pikir dr operator emang lagi error,trus ganti deh pake axis.Eee pas dinyalain tuh hp cuma ada tulisan nokia aja ga bisa diapa-apain lagi..Tolong solusinya ya,thanks.

    • kalau dari pengalamanku, tu karena kebanyakan email n sms inbox+sent item tuh bro, q juga sering gtu, bkn krna ganti operator, hard reset aj kalo masih ga bsa nyala.
      tekan tombol call (hijau) + end call (merah) + camera trus nyalain, tahan ketiga tombol tersebut sampai benar-benar nyala.πŸ˜€

      semoga sukses.
      saran : kalau bisa inbox sms jangan melebihi 500an, pasti bakal restart sendiri, email (aplikasi nokia messaging) jangan lebih dari 100, bis kalau lebih kadang bisa tiba2 mati sendiri 5800nya.

  2. Kenapa ya hpku pas waktu buka galeri muncul tulisan “kesalahan pada sistem -28” & “kesalahan pada sistem -12” tolong dong solusinya karena meskipun sy restar tulisan itu tetap muncul, thank sebelumx

    • back up data ponsel internal dulu, setelah itu coba di-hardreset ponselnya, setelah itu coba gunakan tanpa memrestore backup yang sebelumnya, jika sudah normal, coba restore kembali data back up sebelumnya, bila semuanya lancar-lancar saja, berarti kemungkinan kesalahannya terletak pada softwarenya aja, tapi kalau kembali error setelah restore back up, berarti kesalahan ada pada data back up nya, tapi kalau masih saja error padahal sudah di-hardreset, saran saya adalah upgrade software atau install ulang softwarenya.πŸ™‚

  3. saya juga mempunyai hp 5800 XpressMusic
    hp saya bermasalah pada saat saya membuka galeri tiba2 foto, video,dan rekaman saya hilang

    dan saya setelah memakai untuk memotret kemudian saya lihat galerinya semuanya kembali ada

    apa ada y salah dalam hp saya..?
    mohon penjelasan yang sedetail2nya

    • saya juga pernah mengalami masalah seperti ini, apa mas addy menggunakan SMADAV di laptop/PC mas??
      masalahnya sya dulu jg sering bgt gni stlah sya sering colok k laptop shbat sya yg ada SMADAVnya, jdinya semua file tu dikunci n ga bsa dilihat, pas qta lakukan proses hapus/abis moto aj baru bisa kelihatan yg lainnya..
      kalau misalnya udah gini, jalan satu2nya itu ya di format ulang memorynya, abis file SMADAV ga bisa dihapus manual..
      demikian info yg bsa sya bagi, semoga bermanfaat..πŸ˜€

    • saya juga pernah mengalami masalah seperti itu mas, dan yg saya tahu itu karena ada file SMADAV di memori eksternal, apa mas menggunakan SMADAV di laptop/PC mas??
      kalo iyaa, mending format memori mas terus gtu jangan lagi colokin ke laptop/PC yg ada SMADAVnya, masalahnya file/folder SMADAV itu kayak ngunci file gtu, microsd sya dlu uda ta format, abis gtu ga pernah gini lagi..πŸ˜€
      semoga membantuu..πŸ™‚

  4. aku punya masalah sama hp 5800 ku ni.Ada pesan yang gak bisa di hapus tulisannya “sudah di gunakan”terus di galeri ku sering ada foto yang rusak begitu juga lagunya.suka mati sendiri n sudah 3x ku format memori tapi masih suka kembali lagi penyakitnya.tolong banget solusinya.terima kasih

  5. mau nanya nih, tolong yah dibantu:
    aku jg pengguna 5800 XM, maungeluh, kok knp yah hp saya kalau memorycardnya di masukin hpnya ga mau nyala, tp, pas dicopot baru mau nyala lagi? aneh kan? itupu juga nyala tanpa memorycard. Trus, ter-reset hingga 3X sampai mau jalan normal. Dibantu yah..
    wassalam

  6. iya betul mas di PC saya menggunakan antivirus SMADAV,,klw jalan satu2nya yaitu dengan cara format ulang memori eksternal bagaimana caranya y…?
    n pa dampak bila di format ulang ..?
    n pa klebihan bla di format ulang ..?
    mhon penjelasannya y…

    n 1 lagi mas sya punya msalah ketika ingin memutar video yg saya download dari youtube tpi pda g bisa smuaanya….
    n da jga sya memutar video tpi cuma suaranya doank yg keluar gambarnya tak ada…
    mhon penjelasannya ya mas..!!!
    n terima kasih atas informasinya

  7. iya betul mas di PC saya menggunakan antivirus SMADAV,,klw jalan satu2nya yaitu dengan cara format ulang memori eksternal bagaimana caranya y…?
    n pa dampak bila di format ulang ..?
    n pa klebihan bla di format ulang ..?
    mhon penjelasannya y…

  8. n 1 lagi mas sya punya msalah ketika ingin memutar video yg saya download dari youtube tpi pda g bisa smuaanya….
    n da jga sya memutar video tpi cuma suaranya doank yg keluar gambarnya tak ada…
    mhon penjelasannya ya mas..!!!
    n terima kasih atas informasinya

  9. aku ada masalah sama 5800 ku, koq tba2 memory card ku minta kode sandi padahal aku gak pernah pasang kode sandi..
    tolong dibantu..
    1 lagi ada gak anti-virus buat 5800 ?
    terima kasih banyak..

  10. Siang,
    saya bingung dgn hp 5230nokia saya..
    Kenapa ya tiba2 folder yg berisi aplikasi hilang,padahal saya tidak berbuat apa2..
    Tp ketika saya lepas mrc sd saya,dan saya masukan lg..
    Apliksi yg hlang td muncul kembali namun di luar folder..
    Mhon bntuanya..
    Trm kasih

  11. broo …. hp saya nokia 5800 xpressmusic kalau kondisi standby dan dalam kondisi terkunci dari tombol yang disamping, kalau di on langsung ngebleng tanpa gambar displaynya kenapa ya??.Mohon bantuanya brooo….
    thak’s…………..

  12. Bos, gmn cr hardresetny 5800?
    Hp Sy gak bs sending message (pending mulu), awalny sering dicolokin ke comp.
    Mohon bantuanny bos. Trims.

    • cara hardreset bsa dengan menekan tombol call + tomboll call end + shutter camera + tombol on/off, ditekan barengan dalam keadaan ponsel mati, tahan keempat tombol tersebut, pas tulisan nokia udah muncul lepas tombol on/off, trus beberapa detik kemudian baru lepas semua tombol, voilaaa..
      hape seperti baru lagii..πŸ˜€
      hhhmm klo msalah sms pending tu coba cek sms centernya..

  13. bro hape gue layarnya koq sering blur, setiap terkunci otomatis kemudian di unlock layarnya menjadi blur…
    koq bisa gitu ya bro..??

  14. Klo hpku sering mati sendiri secara tiba2, lalu kemudian nyala lagi tetapi kadang2 jadi error. Bagi yang tahu solusinya, bagi yan!!! Thank’s

    • dulu hp saya juga pernah gtu mas, tp stlah saya upgrade ke FW terbaru dan mengurangi penggunaan memori internal, hal tersebut jarang terjadi lagi, lebih baik hindari menggunakan aplikasi dalam jumlah banyak secara bersamaan mass..πŸ˜€

  15. BRo… salam kenal….
    Mau nanya nih ro…
    GW jg punya nokia 5800 xpress music… baru gw beli 3 hari yang lalu… past tiga hari gw charge dari sore slama 2 jam ampe guli bat berhenti..gw hidupin…trus gw brosing dngn wifi,, dan lay oprtr,,, ga lama.. kok cm 15 mnt,,,trus gw berhnt…nah malm nya. hp tu pans trus menerus ampe batt nya low tgl 1 bar… nah sbh2 ane lihat..hp gw mati…
    Gw mohon solusinya, adan apa penyebab hp panas dan mati….dan cara ngatasinnya bro
    Thanks B4….

    • salam kenal juga broo..πŸ™‚
      hehe baterai Nokia 5800 memang seperti itu bro, saat pemakaian di minggu2 awal memang gtu, 5800 saya juga dulu seperti itu di minggu2 awal pemakaian, tapi lama kelamaan juga bakal normal kok, biasanya tu trjadi selama 1-2 minggu awal pemakaian broo..

      • kenapa yah 5800 gua setelah terkunci terus pas gua aktifin lg layar nya bnyak garis-garis hitam..??
        terus pas gua cbut baterai nya baru ga ada garis-garis hitam nya??
        ada yang bisa ngbntu gua ga biar nokia 5800 gua ga ada garis-garis hitam nya lg???
        thanks

  16. ternyata banyak pengguna nokia 5800 ya disini ikut gabung ya.
    coba share yah untuk mas kipli. Kemungkinan masih ada aplikasi yang jalan mas sewaktu hp di diamkan. jadi bisa bikin hape panas dan akhirnya lowbat.
    sekarang pakai FW berapa mas? coba di upgrade fwnya mas, siapa tau berpengaruh juga. sekarang sudah ada fw50 mas.

  17. Mau Gabung Juga nehh? Oh ya Untuk Hp apapun kalau dipakai untuk berinternet emang bakal cepet habis itu normal kok..oh ya aku mau tanyak nih aku update FW terbaru 51.005 tapi pas abis aku download ada tulisan not compatible..sedangkan punyaku Fw 50.005 mohon penjelasannya

  18. Numpang nanya nih om…
    Kok galeri nokia 5800 gua gak bisa baca mmc nya ya?
    Foto & video gak kebaca..
    Tapi kalo lagu masih bisa?
    Apa mmc nya yg rusak?

    • wuuih persis nee, ane jg pnh kyak gni, tu masalah memori tu, apa laptop/pc ente pake smadav?
      hhmm..ane dlu jg pnh kyak gtu, mlah lbih parah lg smpe smw file g bsa kbaca n khapus, berantakan pkokx, solusix wktu tu ane format ulang memori ane, stlah tu masukin ulang smw filex tp ga pke PC/laptop yg ad smadav nya, stlah tu ane ga pnh lg colokin k pc yg ad smadav nya omm..
      smga pngalaman ane d atas bsa mmbantuu..πŸ™‚

  19. setelah update firmware dari versi 10. ke 50. hp malah tidak nyala sama sekali, apakah bisa di hard reset seperti cara2 diatas, atau ada alternatife lain misalnya di reflash ulang…
    mohon bantuannya trims…

    • luhh, mas upgradex via apa?apa via nsu ato ota ato flashing?
      klo msalx gmw nyala, brarti tu matot, n btuh dflash ulang pke software aslix yg ga brmasalah, sya jg pnh gtu mas, matot n ga bsa nyala, tp stlah ngeflash ulang pake jaf bsa lg dpake..πŸ™‚
      smga jwaban sya bsa mmbantu, mas..

  20. tube punyaku g tau knp tiba-tiba mati sendiri pdhl baru di charge, dinyalain hpnya nyala sbntr trus beberapa menit kmd kok mati sendiri lg, mohon bantuan nya ya…..thanks…

  21. numpang nanya…..hp gw 5800 baru 1 minggu g tau knp tiba2 kok berasa panas, padahal g di pake buat apa2. itu knp y?? apa perlu d bawa k NCC???

  22. saya ada sedikit masalah nih dgn 5800 saya , kalau boleh saya mohon bantuannya agan-agan sekalian . *setiap saya sms ,sms nya tidak terkirim padahal semuanya sudah saya cek dari no pusat,signal ,pokonya saya udah ampe puyeng dah , .nah kalau ada agan yg tahu apa penyebabnya dan bagai mana cara atasinya balas comment saya yah .saya tunggu bgt lho. terimakasihπŸ˜€ ^^

  23. coba di soft reset dulu ketik *7370# terus masukin kode 12345,.
    tapi jangan lupa back up dulu data2 penting,seperti kontak,sms,catatan,dll,.

  24. knp yah yah kalo siang layar ga keliatan sma sekali..

    padahal pngaturan kontrasnya sdh yg paling terang..
    tp habis buka kunci gelap lagi..

    please help mee..

  25. aku mo nanya neh… kenapa ya,
    nokia 5800 aku tu.. klo cuaca dingin layarnya hange gitu…sdgkan klo dh agak panas, gak masalah lge n layarnya dh normal lge…
    tolong bantu aq teman2…

      • knp ya bg klo saya mau call ato lg ditelp.layarnya tiba2 ga keliatan sama sekali alias ga timbul cuman item doank,tp klo udah selesai nelp.layarnya kembali keliatan lg,trims banyak sebelumnya bg mohon dibantu…

      • Tu brarti prox sensorx ud lgs ktutupan, sensorx ad d sblah kamera depan 5800, apa pakai pelindung hape yg ntupin bgian sktar kamera dpan?klo iya, cba dlepas dlu casenya.. πŸ˜€

    • gan mw tanya
      Ahir2ni gw download game k nokia
      5800 udah cocok sbnrx resolusi layarx
      tp ko keluar panel tombol bantuanx y?
      Cara ngilanginnya gimana nih? Mohon
      penjelasan

  26. hape aku 5800XM,pada saat diaktifkan layarx bagus pas ada yang hubungi layarx berubah jadi warna hitam bergaris….,nti dinonaktifkan terus diaktifkan layarnya bagus kembali terus ada yang hubungi layarnya berubah jadi hitam bergaris……,kerusakannya apa mas..??

  27. Mas, mau tanya juga, saya juga pengguna 5800 xm,
    terkadang hp saya itu mati sendiri kenapa ya? bahkan terakhir ini waktu mati saya perhatikan layarnya mbleret-mbleret/ mbarit-mbarit kaya monitor pc rusak begitu itu kenapa ya?
    terus di gallery foto-fotonya jadi ilang? yang tersisa cuma wallpeper bawaan dari hp aja?

  28. kenpa hp 5800 saya pas ada panggilan masuk sering error,,,layarnya jadih hilang…ngak bisa dengerin suara pemanggil..? trus klo udh di rejec am pemanggil dia normal kembali…?? sering juga mati” hidup.. pencerahan nya mas..?

    • dulu saya juga seperti itu, mas.
      pas saya cek, ternyata sensor proximility nya yang ketutupan sama silicon case saya, khawatirnya itu ada kaitannya sama sensor proximility nya mas.

  29. Hallo bro, salam kenal.
    Ane mau nanya tentang tube ane nih.
    Setelah ane hack dan sering install app, galeri foto dan video-nya gak bisa dibuka (loading mulu). Awalnya ane pake speedy go dan sukses walaupun lama prosesnya. Tapi sayangnya itu trial dan sekarang galeri ane kumat lagi. Mohon bantuan dari bang bro ya.. Thank youπŸ™‚

  30. guys, mw tnya nich , hape gua kok kaga bisa di instal ya
    Yg bisa cuma format sis dn sisx
    Tpi kalo f0rmat jar,exe,zip, thu kok kaga bisa ya
    Minta penjelasanya d0ng

  31. gan mw tanya
    Ahir2ni gw download game k nokia 5800 udah cocok sbnrx resolusi layarx tp ko keluar panel tombol bantuanx y? Cara ngilanginnya gimana nih? Mohon penjelasan

  32. gan saya mau tnaya. .knpa hp sya nokia 5800 srng tiba tiba mti trus dhdpn susah. .hrus cpt btre dlu. .itpn kdng msh gak hdpn. .ktka bru bootng kdng mti. . .apa ada yg rusk ?

  33. Kenapa hp saya nokia 5800 pada saat di update perangkat lunaknya kok gk bisa dan biasanya keluar tulisan ” kesalahan sambungan ” tolong solusinya… ! Gan

  34. gan ane mau tanya.. kok nokia 5800 ane pas standby suka nyala mati sendiri layarnya.. tp kalo dikunci tombol baru mau mati layarnya.. kira2 knp gan? mhon pencerahanya, satu lagi hp ane gk bisa hardreset knpa?, pdhl udh bener caranya tp hasilny malah hpnya nyala dlm posisi standy.?

    • kemungkinan masalah hardware kalau gitu gan, mungkin diantara beberapa sambungan tombol – layar dll itu ada yang bermasalah jadinya walaupun udah benar urutan hard reset nya bakal gagal gegara ada komponen yang mulai rusak gan

Leave a Reply

