Ulasan Samsung STAR S5233w (Wi-Fi)

hoho udah lamaa ne gak ada postingan baruu..

SAMSUNG GT-S5233W atau yang biasa disebut SAMSUNG STAR , pasti sudah pada tidak asing lagi dengan ponsel layar sentuh candybar yang satu ini, ponsel dengan fitur yang tergolong lengkap ini sudah begitu banyak penggunanya, sebut saja koneksi Wi-Fi yang dimilikinya, dan juga telah menggunakan kamera 3.2 MP FF (Fixed Focus) yang memiliki fasilitas Smile Shot.

Layar ponsel ini berukuran 3” Inci, ukuran yang tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar untuk ukuran ponsel layar sentuh, layar pada ponsel ini menggunakan jenis TFT Resistive.

Okee, kalau begitu langsung saja saya membahas ponsel ini, oh iyaa, kali ini saya telah melakukan upgrade gaya mengulas ponsel, jadi mulai dari ulasan yang ini hingga seterusnya, akan sedikit ada perubahan dari ulasan sebelumnyaa, ayooo monggoo..

Untuk lebih mudahnya, saya akan membahas ponsel ini menjadi beberapa bagian, yaitu Harga, Desain, Input Pengetikan, Fitur, Daya Tahan dan Kesimpulan.

1. Harga.

Harga ponsel ini saat pertama kali saya membeli adalah Rp. 1.645.000, harga tersebut berlaku untuk Samsung STAR wifi, berbeda dengan Samsung STAR biasa tanpa wifi yang dipatok dengan harga Rp. 1.400.000, namun untuk saat ini, harga tersebut telah turun, harga Samsung STAR wifi sekarang dipatok dengan harga Rp. 1.545.000, dan untuk harga bekasnya saya perkirakan berkisar di antara Rp. 1.000.000 hingga Rp. 1.200.000.

2. Desain.

Untuk urusan Desain, saya memberi nilai Plus pada ponsel ini, dengan balutan warna putih salju dan ketebalan 1,19 cm menjadikan ponsel ini pas di genggaman, apalagi berat ponsel ini hanya 92 gram, rasanya nyaman di genggaman.

Layar ponsel ini menggunakan jenis TFT Resistive dengan ukuran 3” inci, yang berarti layar ponsel ini membutuhkan sedikit tekanan agar dapat menerima input pengguna, berbeda dengan Nokia 5800 yang layarnya terasa seperti plastik dan terlihat kurang rata, pada Samsung STAR ini, kita akan menemukan layar dengan bahan yang tak terlihat murahan dan juga permukaannya rata, sehingga ponsel ini terlihat menarik.

Bagian depan ponsel ini dihiasi dengan 3 tombol penting, yang terdiri dari tombol Call, Back dan Call End, layaknya ponsel Nokia 5800 yang juga terdiri dari 3 Tombol di bagian depan layar, namun tombol Back pada ponsel ini memiliki fungsi untuk kembali/keluar dari menu dan aplikasi yang kita buka, ketiga tombol tersebut nyaman bila ditekan, tak kebesaran dan tak juga kekecilan, beda dengan Nokia 5800 saya yang terkadang terasa sulit ditekan karena kekecilan (tipis).

Pada bagian belakang ponsel ini, terdapat Lensa Kamera yang berada di bagian atas kiri ponsel, peletakan kamera tersebut menurut saya sudah pas, karena saat kita menggunakan kamera tidak akan ketutupan dengan jari-jari kita, kamera ini memiliki resolusi 3.2 Mpix.

Untuk sisi kiri dan kanan ponsel ini, terdapat beberapa tombol dan port charger, pada sisi kiri terdiri 2 tombol Volume dan port Charger, sedangkan pada bagian kanan ponsel ini terdapat tombol Lock untuk mengunci layar dan tombol kamera yang merupakan shortcut ke fitur kamera, peletakan setiap tombol tersebut serasa pas bila kita sedang menggenggam ponsel tersebut, baik menggunakan tangan kiri ataupun kanan.

Mungkin ada yang bertanya-tanya dimana letak Loudspeakernya, nahh bagi yang biasa menggunakan ponsel Nokia yang memiliki Loudspeaker sendiri, pada Samsung STAR ini Loudspeakernya gabung dengan earphone, jadi berhati-hatilah kalau ingin mengaktifkan Loudspeaker sewaktu ingin menelfon, karena suara yang keluar akan sangat tak terduga (pengalaman).

3. Input Pengetikan.

Untuk input pengetikan, ponsel ini memiliki keyboard/keypad virtual, tipe input akan berubah sesuai dengan posisi ponsel ini, bila kita menggunakan ponsel ini dengan posisi biasa (portrait), maka pengetikan kita akan menggunakan keypad vitual layaknya pada ponsel berkeypad lainnya, namun bagi yang masih pertama kali menggunakan ponsel ini, mungkin akan sedikit kesulitan, karena posisi tombol virtual spasi bukan berada pada tombol 0 (nol), melainkan berada di bawah tombol 0 (nol), posisi yang sedikit membingunkan bagi yang pertama kali menggunakan ponsel ini, tapi perlahan-lahan para pengguna akan terbiasa dengan keypad ponsel ini.

Untuk pengetikan dalam modus landscape, keypad akan otomatis berubah menjadi keyboard virtual yang nyaman untuk digunakan, menurut saya, menggunakan keyboard virtual jauh lebih efektif, kecepatan mengetik saya pada ponsel ini jauh lebih cepat dibandingkan mengetik menggunakan Nokia 5800 yang kurang akurat bila mengetik cepat.

Penggunaanya pun sangat mudah, baik bagi yang baru pertama menggunakan apalagi yang telah lama menggunakan ponsel ini, pengetikan menggunakan modus landscape ini sangat nyaman, ditambah lagi dengan layar yang sangat nyaman, dalam kata lain layar pada ponsel ini tergolong responsif, apalagi bila menggunakan permukaan jari (bukan kuku dan juga stylus), entah mengapa saya merasa layar ini lebih mudah merespon bila kita menggunakan permukaan jari kita.

Untuk sekedar informasi, ponsel ini dasarnya hanya dapat menampung 200 SMS pada kotak masuk, dan begitu juga dengan kotak terkirim, namun terkadang jumlah itu yang tersedia akan berkurang sesuai dengan ukuran pesan yang masuk, sebagai contohnya bila sms yang masuk pada ponsel berisi 2 karakter SMS, secara otomatis bisa saja ponsel Samsung STAR ini hanya dapat menampun 100 – 150 an SMS, dan terakhir kali ponsel saya hanya dapat menampung 147 SMS yang tentunya setiap SMS terdiri dari 2 karakter SMS atau lebih.

4. Fitur

Sebelum saya membahas fitur pada ponsel ini, saya membagi fitur tersebut menjadi beberapa bagian agar mudah saat membacanya dan tidak tercampur dengan fitur lain.

a. Homescreen TouchWiz

Pasti para pengguna ponsel Samsung sudah tidak asing lagi dengan istilah TouchWiz, TouchWiz sendiri merupakan nama untuk Homescreen khas Samsung, dimana kita dapat mengatur dan mengubah Widget di homescreen ponsel kita, jadi kita dapat mengatur peletakan widget sesuka hati dan juga agar tidak bosan dengan tampilan homescreen ponsel kita.

Saat layar dalam keadaan terkunci, kita dapat membuka layar dengan menekan tombol Lock di sisi kanan layar beberapa detik atau menekan tombol back lalu menekan icon lock di layar, namun selain itu, pada ponsel Samsung STAR ini juga terdapat cara membuka kunci layar yang dinamakan Smart Unlock, jadi kita dapat membuka layar dengan cara menuliskan karatkter di layar yang tentunya telah kita atur sebelumnya, sebagai contohnya, saya memilih huruf ‘L’ untuk membuka layar ponsel, dalam keadaan layar terkunci, saya cukup menekan tombol apa saja lalu saat layar menyala, saya cukup menyapukan jari saya membentuk huruf ‘L’, bahkan yang enaknya, saya cukup menggeser jari saya dari atas ke bawah beberapa centi maka layar akan otomatis terbuka, itu berlaku bila saya memilih huruf ‘L’.

Mungkin sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan Homescreen ponsel Samsung touchscreen, Samsung Star terdiri dari 3 Homescreen (kiri, tengah dan kanan), resolusi satu layar homescreen ialah 240 x 400, jadi keseluruhan layar (3 homescreen) memiliki resolusi 720 x 400, jadi kita dapat mengatur wallpaper pemandangan landscape dengan rasio 16:9, masing-masing layar kita dapat mengatur susunan widget yang telah tersedia, kita dapat membuka folder Widget dengan cara menyentuh layar sekali (tap),

setelah kita menekan layar sekali maka akan keluar folder geser dari sebelah kiri layar, cara memindahkan widget yaitu dengan cara Drag n Drop, kita cukup menahan icon pada folder lalu menggesernya ke layar, setelah kita menemukan lokasi yang pas, kita cukup melepas jari kita maka icon widget yang kita pilih akan menempati tempat yang telah kita pilih, jumlah widget yang bisa kita letakkan pada 3 layar adalah 12 widget, dan di bawah ini adalah contoh Homescreen pada Samsung STAR wifi saya, pokoknya homescreen Samsung STAR ini sangat menyenangkan. J

b. Kamera

Untuk fitur kamera pada ponsel ini, menurut saya sudah cukup lah untuk aksi narsis-narsis ria, kamera dengan resolusi 3.2 Mpix FF Samsung STAR ini tergolong terang, namun terkadang lensa ponsel ini tak dapat menangkap cahaya dengan maksimal sehingga terkadang hasil foto terlihat kurang natural, bisa dikatakan pewarnaan pada kamera ponsel ini kurang maksimal, namun mungkin beda lagi bagi orang yang suka narsis-narsis, karena berita baiknya, bila memotret wajah dengan kamera ini akan terlihat lebih halus dan permukaan kulit kita terlihat terang.

Menurut saya, hasil dari kamera ponsel ini sudah mumpuni untuk urusan mengabadikan momen, namun hasil tergantung dari pengaturan dan cara kita memotret, apalagi kamera pada ponsel ini tidak memiliki fitur AF, jadi tangan kita tidak boleh goyang sedikitpun bila ingin hasil yang maksimal, bila tangan kita goyang sedikit saja, maka hasilnya tak fokus, apalagi bila kita memotret menggunakan night mode, maka kita harus lebih konsentrasi saat ingin memotret, karena sekali saja goyang, maha pencahayaan dan hasil gambar tak akan maksimal, terkadang hasil akan terlihat over exposure dan blur.

Salah satu hal yang menjadi nilai plus pada kamera ponsel ini menurut saya ialah kehadiran fitur Smile Shot, jadi kita cukup tersenyum maka kamera akan otomatis mengambil gambar tersebut, cukup menyenangkan untuk seru-seruan, saat kita ingin menggunakan Smile Shot, kita cukup menekan shutter kamera, lalu kita arahkan lensa kamera ponsel ke wajah orang yang ingin difoto, secara otomatis akan muncul kotak-kotak hijau yang menjadi bingkai di wajah orang tersebut, bila orang tersebut mulai tersenyum, maka akan muncul bingkai kuning di sekitar mulut orang tersebut, nah dalam beberapa detik kemudian maka kamera akan otomatis mengabadikan momen tersebut tanpa perlu menekan shutter kamera, sangat bagus bila ingin melakukan self portrait dalam jarak yang lumayan jauh dari ponsel. J

Galeri pada ponsel ini pun sangat menyenangkan, kita cukup menggeser jari kita dari kiri ke kanan atau sebaliknya bila ingin melihat foto selanjutnya, layaknya iPhone menurut saya, namun tentu saja tak sehalus perpindahan foto pada iPhone, pada Samsung STAR terkadang akan patah-patah saat ingin melihat foto selanjutnya, namun ada satu hal yang tak dimiliki oleh iPhone tapi Samsung STAR punyaa, dan fitur tersebut adalah fitur untuk melihat foto selanjutnya hanya dengan cara memiringkan ke kiri atau ke kanan ponsel kita, foto kita layaknya kelereng yang berada dalam layar Samsung STAR, foto-foto kita akan meluncur ke bawah sesuai arah kemiringan ponsel kita, semakin miring ponsel kita maka akan semakin cepat meluncur foto kita ke bawah, sangat menyenangkan.

c. Musik

Untuk aksi mendengarkan musik, Samsung STAR memiliki pemutar musik yang nyaman untuk digunakan, apalagi bila kita sedang mendengarkan musik dan kembali ke homescreen, maka akan muncul satu widget yaitu widget musik, yang terdapat 3 icon (prev, pause dan next), jadi kita tak perlu jauh-jauh masuk ke menu musik bila ingin mengganti dan menghentikan musik player, widget musik pada Samsung STAR hampir mirip-mirip dengan Nokia 5800, hanya saja pada Samsung STAR tidak ada Album Art, dan sebaliknya, pada Nokia 5800 kita harus masuk menu dan membuka Pemutar Musik dulu kalau mau melihat daftar lagu, sedangkan pada Samsung STAR cukup menekan judul lagu pada widget maka kita akan otomatis dibawa ke aplikasi pemutar musik.

Keluaran suara loudspeaker Samsung STAR tidak terlalu kencang dan bertenaga, bahkan terkadang terdengar nyaring tanpa bass, namun memang seperti itulah yang terjadi bila earphone dicampur dengan loudspeaker, namun lain cerita lagi bila mendengarkan musik melalui headset, suara yang terdengar akan sangat bertenaga dan tak nyaring, suara bass dari headset dapat terdengar jelas, keluaran suaranya sesuai, apalagi kita dapat mengatur equalizer sesuai keinginan kita, ada bermacam-macam equalizer yang dapat kita pilih sesuai selera kita.

d. Menu

Membuka membuka menu pada ponsel ini, kita cukup menekan icon menu di pojok kanan bawah layar, saat membuka menu, kita akan ditawari animasi icon yang bergerak ke tengah layar seperti gambar di bawah, ikon pada menu memang tidak memiliki animasi bergerak, hanya saja saat kita menekan ikon, ikon tersebut akan memberi efek seperti ditekan, sama halnya seperti tombol yang ditekan, memang terkadang terasa monoton dan datar, tapi saya rasa itu sudah cukup karena kita dapat mengganti latar belakang menu sesuai dengan selera kita, jadi kita takkan merasa bosan dengan latar yang itu-itu saja, nah disamping menu utama tersebut, kita juga dapat mengganti ke menu geser dengan menekan icon folder shortcut pada kanan atas layar, pada menu ini kita akan disuguhi beberapa icon aplikasi penting, menu ini juga terbagi menjadi tiga bagian layaknya homescreen, pada layar pertama kita akan disuguhi ikon Komunikasi jejaring sosial, kemudian bila kita menggeser layar ke kiri, maka akan terlihat menu selanjutnya yang terdiri dari beberapa aplikasi bawaan Samsung STAR dan juga koneksi pada ponsel ini, dan bila kita menggeser sekali lagi, kita akan menukan menu dengan susunan ikon multimedia, disini kita akan menemukan ikon pemutar musik, radio, game, recorder, dan galeri.

Sayangnya, susunan ikon pada ponsle ini tak dapat kita ganti-ganti, jadi sejak pertama membeli kita hanya akan menemukan susunan ikon yang seperti itu-itu saja, pasti akan terasa beda bila anda pengguna ponsel Nokia dengan OS Symbian diamana kita bisa mengganti susunan ikon pada menu.

e. Koneksi

Untuk urusan koneksi, ponsel ini telah didukung oleh koneksi Wi-Fi, jadi bila kita berada pada area free wifi hotspot, kita dapat internetan dengan gratis, selain koneksi wifi untuk internetan, kita juga dapat menggunakan akses data dengan kecepatan EDGE pada ponsel ini, untuk urusan Facebookan, saya rasa koneksi pada ponsel ini lebih menyenangkan dan cepat dibandingkan Nokia 5800 saya yang terkadang lama koneksinya ke server.

Untuk urusan bertukar file antar ponsel, kita dapat menggunakan fasilitas Bluetooth pada ponsel ini, cara menggunakan bluetooth pada ponsel ini juga tergolong mudah, dan bila kita sudah menambah koneksi bluetooth teman kita, maka icon beserta nama bluetooth teman kita akan tersimpan di layar awal aplikasi bluetooth, jadi kita tak perlu lagi melakukan proses ‘search’ untuk menemukan bluetooth mereka, namun disini terdapat kesulitan dimana walaupun kita sudah memberikam autorisasi (otomatis terima koneksi) ke ponsel bluetooth lainnya, kita masih harus menekan tombol ‘terima’ atau ‘tolak’ saat ada file yang akan masuk ke ponsel kita dari teman kita, cukup ribet karena kita tak dapat melakukan transfer dalam jumlah banyak.

Ponsel ini juga memiliki port USB yang dapat terhubung ke Laptop/PC, port yang digunakan USB sama dengan port Charger, headset dan USB, satu lubang untuk tiga colokan, sama halnya dengan ponsel Sony Ericsson yang menggabung penggunaan portnya dengan headset, charger dan USB, jadi kita tak mungkin mendengarkan musik melalui headset sambil mengisi baterai ponsel kita, beda halnya dengan Nokia yang masing-masing memiliki lubang untuk mengisi baterai, headset dan USB.

f. Komunitas

Untuk fitur komunitas, kita telah disediakan ikon shortcut ke situs jejaring sosial yang terkenal, sebut saja Facebook, Flickr, Picasa, Friendster, Google dan lain-lainnya, yang paling menyenangkannya, setiap icon situs tersebut dapat kita jadikan widget di homescreen kita, jadi kita tak perlu masuk menu untuk membuka situs jejaring sosial tersebut, dan juga widget Google merupakan widget yang paling menyenangkan, karena bila kita ingin mencari sesuatu di internet, kita cukup menulis keyword yang ingin kita cari di internet lalu menekan icon ‘search’ di sebelah kotak keyword.

Pada ponsel ini kita juga dimungkinkan untuk melakukan upload langsung dari ponsel ke situs jejaring sosial yang tersedia, jadi bila kita ingin upload foto ke facebook, kita tak perlu jauh-jauh ke warnet, cukup menggunakan aplikasi komunitas pada ponsel ini maka otomatis kita dapat meng-unggah foto kita, fitur komunitas pada ponsel ini tergolong lengkap, yang menjadikan nilai tambah bagi ponsel ini.

g. Fitur lainnya.

Fitur lain pada ponsel ini yang juga menurut saya sangat sangat penting yaitu fitur proteksi yang membutuhkan password, jadi bila kita ingin melindungi kotak SMS kita dari tangan jahil nan usil, kita bisa mengunci aplikasi pesan dengan fitur tersebut, jadi bila kita ingin membuka aplikasi SMS, kita akan diminta memasukkan sandi yang telah kita tentukan sebelumnya, jadi dengan hal tersebut, orang-orang jahil takkan bisa melakukan kejahatan dengan isi kotak SMS kita (hehe), dan tentunya fitur tersebut tidak hanya berlaku untuk kotak SMS, namun pada aplikasi lainnya, sebut saja Galeri, organiser, kalender, kontak dan lain-lain.

Game pada ponsel ini juga beragam, namun ada beberapa game pada ponsel ini yang hanya tersedia dalam bentuk percobaan, jadi bila ingin memainkan versi penuhnya, kita harus membayar senilai Rp. 15.000 yang diambil dari pulsa kita, cukup mahal mengingat dengan jumlah uang segitu kita bisa internetan di warnet dan mengunduh beragam game dari server penyedia game Java, bisa sambil facebook dan twitter juga malahan, hehe..

5. Daya Tahan.

Baterai pada Samsung STAR ini menggunakan Lithium-Ion 1000 mAh, selama saya menggunakan ponsel ini, paling lama dapat bertahan hampir 3 hari, itu dengan penggunaan hemat tanpa aneh-aneh bermain game, dalam modus 3 hari itu saya hanya menggunakan ponsel unutk sms dan telefon seperlunya, memotret pun hanya sesekali, namun bila penggunaan normal, ponsel ini dapat bertahan selama 2 hari sekali charge, dan bila penggunaan anda tergolong ekstrem dimana internetan dengan wifi sekaligus foto-foto narsis melulu maka daya tahan akan menurun secara drastis, terlebih lagi bila telefon-telefonan melulu, maka hanya dalam 1 hari baterai akan langsung low, hehe..

6. Kesimpulan.

Sesuai dengan apa yang telah saya jelaskan di atas, ponsel ini merupakan ponsel layar sentuh dengan fitur yang cukup mumpuni, dan saya rasa ponsel ini sangat sesuai untuk anda yang tidak begitu mengedepankan fitur kamera dan musik pada suatu ponsel, setidaknya ponsel ini sangat nyaman digunakan untuk mengetik dan koneksi ke dunia maya, layarnya pun tergolong nyaman, dari sekian banyak pesain ponsel ini, seperti LG Cookie, Nokia 5230, Nokia 5233, LG Pop, saya rasa ponsel ini masih layak untuk dipertimbangkan, namun bila menurut saya sendiri masih mending milih ponsel ini dibandingkan beberapa ponsel yang saya sebutkan tadi, apalagi bila anda yang sudah mulai bosan dengan tampilan khas Nokia (saya sendiri sebenarnya bosan dengan tampilan Nokia 5800 saya), jadi dengan membeli Samsung STAR ini, perasaan tersebut dapat sedikit teratasi.

Namun bila fitur-fitur pada ponsel ini belum memenuhi kriteria ponsel idaman anda, ada baiknya menabung saja dulu dan tunggu hingga uang anda mencapai Rp. 2.500.000, nah saat budget anda sudah sebanyak itu, akan semakin banyak lagi ponsel yang dapat anda pilih, dan pada saat budget anda mencapai segitu, saya rekomendasikan membeli Samsung i5700 Galaxy Spica, saya berkata begini karena saya sendiri sedang dalam proses menabung uang untuk ponsel tersebut, hehe..

Baiklah, demikian ulasan saya mengenai Samsung STAR wifi, semoga bermanfaat bagi para pembaca.. J

Total kata dalam tulisan ini adalah 2.826, termasuk dengan pesan ini, hehe..


About these ads

51 responses to “Ulasan Samsung STAR S5233w (Wi-Fi)

    • sbg pnikmat musik, mnurut sya kluaran suara speaker ne mmng kurang brtenaga wlopun trdengar jernih, tpi smw tu bkal trasa brbeda klo mndengarkan musik via headset, keluaran suara musik via headset sangat nyaman dan jelas, tidak ada noise saat mnyetel pada volume tinggi, bhkan menurut sya pribadi, keluaran suara headset samsung star dengan Nokia 5800 saya, msih lebih bagus samsung Star.. :)

  1. maaf kang, cara setting wifi nya gimana ya? kebetulan temen saya ada yang baru beli tapi gak bisa koneksi wifi…mohon masukannya..suwuuun :)

    • tuk settingan wifi, ne langkah2x :
      1. buka menu wifi, lalu nyalakan wifinya.
      2. stlah tu plih search d bgian kiri layar.
      3. stelah ktemu wifi hotspotx, nnti akn ad bunderan d layar.
      4. pilih salah satu server wifi, lalu plih connect.
      5. stlah tu nnti adlah settingan yg kluar, lgs aj plih save.
      6. proses save slse, nnti ponsel akn mlakukan proses connect ke server, kberhasilan connect dpat dlihat bila indikator wifi d notifikasi area uda jdi warna hijau.
      7. setelah tu bru start a web browsing, nahh voila.. :D

      namun smw tu bkal beda lg klo pke wifi yg ad passwordnya, bysax rada susahh tuu koneknya..

    • wdeww klo cara ganti font k hangul sya blm tw nee, klo sya dapat info nnti bkal sya kabarin.. :)
      sya tag ya link blognya, blogx gheamgyu maniss tampilanx n informatif..
      terima kasih udah brkunjung k blog sya yaa.. :D

  2. slm kenal.saya dah upload foto ke fb.tp knp kok gak bisa masuk update status?jadi cuma msk foto album doank.gimana caranya biar bisa dishare?

    • iya salam kenal juga.. :)
      memang upload foto via samsung star langsung masuk ke album, kalau mau share, setelah upload. buka via browser internet dan tag manual ke orang yang dituju, setelah itu foto akan otomatis akan diupdate ulang dan akan tampil di home page..
      smga mmbantu…

    • iyaa gann tu kalo upgrade fw diluar servis centrenya gann, jd klo uda pke fw dluar fw resmi, ga bkal dterima gann..
      T,T
      ga bsa diapa2in dongg, datar gtu mlulu tmpilanx gann..

      • oo harus update firmware ya? pantes dari kemarin kutak katik mau buka instal program pada samsung new PC studio ngak bisa aktif… programnya mungkin krn itu juga…wah bete juga ya..:)

  3. Mas numpang tanya agak melenceng boleh dong? kalau samsungkan dr korea tp buatanya korea atau made by china tulisan yg tertera di bagian dlm hp?. soalny sy pernah nanya k Nokia yg masuk Indonesia ktnya di produksi oleh 3 negara yaitu Korea, China dan India. trs sy tanya kalu mau milih yg made by korea, egk bisa kata pegawainya. HP sy yg lama 6600 tulisanya made by nokia apa sekarang ada perubahan?

    Mohon pencerahan,

    • iyaa gpp kq mas..
      ne sya jwb sesuai yg sya tw aj ya mas..
      pertama2, mmng rata2 vendor pnya pabrik d cina mas, abis biaya produksi d cina lbih murah dbandingkan d negara lainnya, Apple aj jg ad tulisan “assembled in china”, mmng agak susah klo mw pilih spt tu mas, untung2an aj ato klo mmng uda kenal am pnjual d toko tu, mmng ad byk gosip yg bredar klo kualitas dri cina ga sbagus kualitas dri pabrik negara lain, tp pabrik2 besar bgtu sblm mluncurkan barang uda mlakukan QC (quality control) d stiap pabrikx mas, ga ad perbedaan antra pabrik ‘sana dan sini’, made by nokia pun bsa jdi dibuat d cina mas..
      tu yg saya tw mas..
      smga bsa mmbantu.. :)

  4. Tanya dong, gimana caranya mematikan sound pada keypad walaupun HP pada posisi normal? (Apa ada menu/setting seperti pada Nokia), trus klo terima panggilan/menelepon Smasung Star tidak bisa digunakan sms ato aktivitas lain ya? karna saya otak2 tetap terkunci.
    Terima aksih atas infonya.

  5. mau nanya lagi nih, kalo cara nambahin tema atau fonts di samsung star ngerti ga?aku ga pernah bongkar” aplikasi samsung nih aku cuma ngerti nokia soalnya ngeri eror…hhi..
    kalau tau caranya email ya. atau koment di blog aku
    ghelicious.blogspot.com thanks

  6. mas saya mau tanya neh

    knapa y kalo saya internetan g bisa lama2 selalu muncul “permintaan waktu habis” y mau.a seh jadi tambah lama

    trus maksud.a firmware tu apa sih kayak.a seru juga tuh klo udah di upgrade

    makasi y mas

  7. bang mw tanya ni sya kn punya S5233W,sya punya masalah tentang ni ko’ tombol lock di sampingnya ko’ gk berfungsi untuk mengunci tw buka kunci si…pdhl lo wrnanya dha gelap ta tekan bsa c nyala tpi gk mw mengunci.trus lok nelp jga gk bsa di hold,join,speaker,headset, dan join. tu gk berfungsi.bang tolong saya dong plissss.mksh sebelumnya mas.blsx k e-mail saya ja yah mas…..?terimakasih

  8. satu lagi mas mau tanya nih….
    tahapan setting gprs dan mms nya gimana ? masuk kemana dulu? soalnya aku dah capek tp gak berhasil.

  9. aku udah coba gan wifi star di beberapa hotspot tapi mesti keluar “no respon from AP” gitu gan ….kalo ga biasanya keluar “DNS failed”…tolong gan bantuin doonk gimana caranya…cepetan ya gan sebelum star ane buang dari pada da bisa dipake…………

    • buka di settingan suaranya bang, nnti cri d keyboard sound dbuat off aja..
      settingannya ada d sekitar profile sound kok tu, uda ag lupa sya bang.. x)
      bis uda ga pke hape ne lg..

  10. hy knlin nm ue achmad ue mao nanya neghh tentang hp ini
    gmn sih caranya setting wifi buat internetan geratis….
    cz ue penasaran bngt neghh ma hp ini …

  11. um, saya pengguna samsung star juga,.
    mau tanya nih gimana cara update status di facebook via “Samsung Mobile”
    contohnya
    Capek!
    5 menit yang lalu melalui Samsung Mobile

    terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s