Pengalamanku dengan Blackberry 8320 Curve

My Blackberry 8320 Curve

My Blackberry 8320 Curve

BLACKBERRY 8320 CURVE, siapa yang tidak kenal dengan ponsel pintar legendaris ini, saat awal-awal diluncurkan harganya hampir sama gilanya dengan harga Blackberry Bold saat ini, bahkan saat pertama kali layanan Blackberry diluncurkan di Indonesia, untuk penjelasan lebih lanjutnya, monggo diboco..

PENGALAMANKU saat menggunakan ponsel ini akan aku rangkum dan aku susun sebisaku (walaupun mungkin akan agak berantakan) agar bisa menjadi masukan untuk para pembaca agar dapat mengetahui hal apa saja yang ada di dalam ponsel yang saya bahas.

1. Harga saat pertama kali dibeli disertai bulan dan tahun.

Tak pernah terbayang untuk memiliki blackberry, bahkan terpikirkan pun gak pernah sebelumnya, tiba-tiba aja dapat telefon dari papa yang menawarkan Blackberry, ya karena ditawarin ya siapa yang mau nolak coba, jadi diterima aja, untuk harga yang saya tahu saat itu adalah Rp. 3.699.000, namun dengan sangat beruntungnya papaku bisa mendapatkan dengan harga yang beda beberapa ratus ribu, ya karena belinya juga sekali dua unit, saat itu masih beberapa bulan setelah saya memiliki Nokia 5320 XpressMusic.

2. Kesan pertama.

“Wawwww gimana ini cara pakainya??”, hehe ya seperti itulah saat pertama kali saya menggenggam ponsel ini beberapa saat setelah saya mengeluarkannya dari dalam dus hitamnya, ya terlihat lebar dengan layarnya yang gede, dan untuk pertama kalinya saya menggunakan sistem navigasi Trackball haha! setelah sebelumnya hanya bisa melihatnya di internet dan iklan-iklan, awal-awalnya masih agak aneh, tapi beberapa saat kemudian biasa aja kok rasanya, dengan keypad qwerty yang dimilikinya membuat kita semakin lincah untuk mengetik. mungkin saat pertama menggunakannya kita akan merasa aneh, tapi lama kelamaan sama aja kok, apalagi untuk urusan sistem operasinya, pasti akan sedikit bingung abis kelihatan sedikit kuno tampilannya, tapi ternyata setelah saya korek semakin ke dalam, OS garapan Blackberry ini lebih canggih dari Symbian (menurut saya pribadi).

3. Kelebihan.

Tentu saja kelebihan awal dari ponsel ini adalah Push Email, tanpa layanan ini sama saja dengan ponsel biasa yang hanya bisa sms dan telefon, layanan Push Email pada Blackberry inilah yang menjadi sangat Killer bagi ponsel-ponsel lainnya, karena menurut saya Push Email = Always Connected To The Internet, jadi bagi kalian yang bener-bener pecandu internet sangat disarankan untuk membeli ponsel Blackberry, dengan OS Blackberry kita bisa memilih dari banyak aplikasi yang disediakan, apalagi setiap aplikasi memiliki banyak kelebihan, contohnya aplikasi Facebook, kita dapat mengetahui bila ada notifikasi baru, mengupload foto langsung dari galeri caranya tinggal pilih fotonya lalu pilih send to facebook, meng-sinkronisasi-kan kalender, event dan kontak yang ada pada akun facebook kita ke Blackberry kita sehingga kita tak perlu susah-susah mengeditnya, masih banyak aplikasi internet lainnya yang bisa kita tambahkan ke Blackberry, kelebihan lainnya juga berada pada keypad qwerty nya yang lebih nyaman digunakan, susunannya mudah dimengerti dibandingkan ponsel qwerty nokia yang terkesan boros tuts (saya membandingkannya dengan E71), untuk urusan kamera, blackberry memiliki kamera yang termasuk bagus di kelasnya, di kegelapan kita hanya menemui sedikit blur dan dapat mengambil foto lebih jernih dibandingkan Nokia 5320 XpressMusic saya, kemudian lampu LED yang berada di atas layar bagian kanan juga menjadi kelebihan yang unik bagi ponsel ini, dengan adanya LED indicator ini kita dapat mengetahui bila ada pesan, notifikasi, telfon dan peringatan lainnya yang tak sempat kita dengar, trackballnya juga membuat jempol anda nyaman dan tak mudah lelah untuk menggunakannya, untuk urusan musik keluaran loudspeaker ponsel ini memang termasuk kecil dan tak begitu bertenaga, namun bila menggunakan headset (saya menggunakan headset bawaan nokia dengan port 3,5 mm) keluaran suaranya akan terasa sangat nendang. ;-)

4. Kekurangan.

Ponsel canggih pun pasti punya kekurangan, dibalik kecanggihan Push Email nya yang always connected membuat baterai kita terpangkas terus-terusan, walaupun tak membuat baterai panas, namun penurunan daya tahan baterai akan terasa setelah anda menggunakan layanan Blackberry, walaupun sejatinya ponsel ini dapat bertahan selama 2 hari dalam sekali pengisian baterai, kekurangan lainnya juga berada pada memori internal yang tergolong sedikit, dan yang malangnya lagi setiap aplikasi hanya dapat diinstal ke memori internal ponsel, nahh disinilah kendalanya bila kita ingin menambahkan aplikasi lain ke ponsel kita, kekurangan lainnya adalah bila anda termasuk orang yang ‘kekurangan’ dana (seperti penulis ini) untuk membayar layanan blackberry internet service yang tergolong SANGAT mahal ini, sepertinya ponsel ini akan menjadi useless karena fiturnya tak jauh beda dengan ponsel lain bila tidak mengaktifkan layanan blackberry.

5. Kesan setelah lama menggunakan.

Such a good smartphone for internet maniac user, ponsel ini masih menjadi ponsel internet ‘menggila’ yang saya gunakan, sangat memudahkan saya untuk terhubung ke dunia maya, ke milis yang saya ikuti dan menerima news feed dari beberapa website yang saya ikuti, walaupun di bodi ponsel ini sudah ada beberapa beset yang terlihat jelas (hanya pada bagian sekitar kamera), ponsel ini memang sangat layak dan sangat disarankan bagi anda yang sangat hobi berselancar di dunia maya. :-D

6. Kenanganku bersama ponsel ini.

walaupun masih beberapa bulan saya memiliki ponsel ini, namun pengalaman saya bersama ponsel ini lebih banyak dibandingkan dengan ponsel Nokia 5320 XpressMusic saya, ponsel ini telah menemani saya internetan pagi-siang-malam-tengah malam-subuh (wawww), ponsel ini telah membuat saya panas-panas ke WTC surabaya hanya untuk upgrade Software (karena ulah saya sendiri sebenarnya), ponsel ini yang telah membantu saya mencari banyak informasi di internet, ponsel ini yang membuat seorang wanita tua sombong untuk tidak sombong karena memamerkan ponselnya di depan saya (abis tampang saya ndeos, jadi dia pikir mungkin saya akan iri bila lihat ponselnya), ponsel ini yang membuat saya bela-belain beli pulsa gede demi layanan BIS nya, ponsel ini yang mendekatkan saya dengan anggota milis lainnya, ponsel yang telah membuat saya tampak lemot karena susah mengeluarkannya dari kantong, ponsel yang telah membuat konter ponsel melirik-lirik (padahal yo biasa ae), ponsel yang telah menemani saya menunggu di bandara Soekarno Hatta karena pesawatnya pending melulu, ponsel yang lowbat disaat saya butuh untuk memotret (nasebb), ponsel yang membuat saya banyak belajar banyak mengenai tipe ponsel Blackberry, ya seperti itulah pengalaman saya dengan ponsel ini. dan ada satu hal yang selalu ada di dalam pikiranku, “Blackberry yo semua sama saja aslinya, yang bikin ponsel itu Killer karena layanan Push Emailnya, selebihnya ya sama aja, biar pakai Bold, Tour, Storm atau Javelin yo sama aja karena fitur yang pentingnya tu Push Email, jadi ya ngapain buang-buang duit sedangkan kita bisa mendapatkan apa yang SEBENARNYA menjadi kelebihan Blackberry dengan beda harga yang jauh dari ponsel Blackberry Bold dkk, kecuali kalau memang ingin pamer atau mungkin duit yo akeh dibuang-buang yo mending tuku o Blackberry 9700 langsung, yang pakai TrackPad” :D hehehe.. *peace*

Demikianlah pengalaman saya dengan Blackberry 8320 Curve ku, semoga bermanfaat bagi anda.

Terima kasih banyak telah membaca.

:D

About these ads

77 responses to “Pengalamanku dengan Blackberry 8320 Curve

  1. @Azhari.
    Saya punya nih BB 8320 (Hadian) baru dibuka dusnya doang karena pengen tau kayak mana dan bagainana fiturnya. Rencana saya mau jual. berapa yah kira2.
    Minat call 081381856750/02133030645 (Jkt)

    • untuk updatenya harus memiliki :
      1. PC/Laptop
      2. instalan software terbaru untuk BB, bisa didapat di website resminya.
      3. kabel data.
      4. Aplikasi Desktop Manager di PC/Laprtop.

      Proses.
      1. install aplikasi Desktop Manager di PC/Laptop, setelah itu instal software BB terbaru di laptop.
      2. buka aplikasi Desktop Manager, lalu hubungkan BB ke laptop/PC via kabel data.
      3. pilih update software, nanti kalau ada pilihan backup data selama proses upgrade, hilangin centangannya, hal ne sangat penting diingat, dulu BB saya error gara2 ne belum saya hilangin centanganx.
      4. tunggu proses upgrade yang kira2 memakan waktu 30 menit.
      5. setelah selesai BB akan melakukan Booting yang agak lama, bila sukses maka BB akan menyala dengan keadaan fresh. :)

      semoga sukses, kalau masih bingung, email aja di siiperantau@gmail.com
      nanti insyaAllah saya jawab.

      error 561 memang sering terjadi ama BB kalau ada masalah software, dulu BBq jg prnh gtu mas.

      semoga balasan ini dapat membantu.

    • bisa diselesaikan dengan melakukan upgrade OS mas, dan juga jangan terlalu banyak instal aplikasi, instal yang penting-penting saja dan usahakan untuk tidak menjalankan aplikasi besar secara bersamaan. :)

  2. waaah , teramakasih ini sangat bermanfaat bwt saya , dan lebih membuat saya untuk bergegas membeli hp mewah ni

    • mnurut sya smw sama sja kq mas, kualitasx sma smw wlopun made in hungary, canada ato mexico, dlu tu cma hoax yg nyebut2 klo buatan canada yg trbaek n kualitas kelas A, RIM sblm mmlih pabrik tuk mmproduksi tentu sja uda mnjalankan QC (quality control), ga ad RIM yg mlakukan pemisahan kualitas antra negara satu n yg lainx, smwx sama sja kq mass.. :D

  3. Mas 8320 saya kalo mau buat foto ko’ gambarnya item smua ya,trs abs itu ga bs di apa2in trs heng..knp ya mas? Mudah2an mas bs kasi solusinya hehehe.. Thx

    • dari pengalaman saya, coba install n upgrade ke versi lain, dulu 8320 saya juga sempat seperti itu, tapi setelah diinstall ulang akhirnya uda gak gitu lagi..
      setelah diinstall copot baterai lebih baikk.. :D

    • coba cek kabel chargerx, ganti pake kabel usb n colok k komputer, klo konek n bsa ngisi bateraix, brarti msih normal kok BBnya, dulu saya juga pernah seperti itu, sisy.. :D

  4. emang BB kalo dibuat kirim data lewat bluetooth ribet ya gan?
    kok kata tmen ane gak sekedar aktifin bluetooth trus kirim deh.
    mohon jawabannya ya. suwun cak :p

    • iyaa gan, sperti yg ane critain d postingan atas, krim blutut tu kudu pairing dlu ssama blutut, stlah pairing, nnti si penerima hrus aktifin dlu modus receive files bru si pengirim bsa ngirim ke si penerima gann, hehe..
      yoyy cakk sami2 yow.. x)

    • kualitasnya mmng uda beda gan am bb gemini, kmrin ane brusan nyoba pnya temen ane, touchpadx enak bgt gan, kameranya pun uda lbih bagus n layar lebih jernih n tajam..
      bateraix udah lmyan mningkat, tmen ane tu bsa smpe 1 hari lebih pke bb geminix skali charge.. :D

  5. BB 8320 punyaku gak bisa buka camera ,,tiap buka camera tertulis ada aplikasi yang harus ditutup,padahal gak ada aplikasi yang tebuka tolong solusinya dong

    • dri pngalaman sya yg jg dulu pnh kyak gtu, carax coba dicabut baterai bis gtu nyalain lg, stlah tu psti bisaa..
      klo mmng ga mau lgi, cba install software bb nya yg versi lain.. :)

  6. mas,, mau nanya nih… saya pake blackberry 8320 OS terbaru… gini loh, saya berencana install ulang OS saya tp saya masih berlangganan paket BIS yg 1 bulan… apa jika saya back up semua data termasuk service book, kemudian install ulang dan masukin kembali data tersebut BB saya bakal tetap bisa surfing dgn paket BIS-nya…??
    mohon pencerahan, mas…
    saya takut setelah saya install ulang dan pasang kembali data back up saya malah tidak bisa akses internet lg.., sayang kan duit nya ,,, hehehe

  7. ada yg jual second 700rb 8320 ini bang
    tapi kameranya gk bisa operasi
    gmn y bang?
    biasa lah bang mw gaya tp mw yg murah
    hahahaa (sm ky yg punya blog ini)

  8. Mau tanya mas BB curve 8320 saya ini kadang kl mo buka menu loadingnya lm bgt,kl saya uda lwt ksal kdang btrenya saya copot.saya tanya tmn saya ktnya pnya dia jg kayak gitu.bisa kasih solusinya gak?

  9. wahh cerita yang bagus mas, saya juga sudah pakai 8320 hampir setahun nih mas, dan rasa nya ingin hibahkan ke Adik karena sudah ada uang lebih untuk mencoba yg trackpad.. BB emang killer banget,, yang saya salutkan, saya OL di YM 24 hours nonstop tapi batre gak panas, beda dg HP2 saya yg dulu!!

    Thanks Info nya Mas!

  10. ane kagak suka make bb gan
    ane sih make hp sesuai kebutuhan aja,mau ol ya via lappie,hehhehheehe NO Offense ya.
    tapi kalo di kasih ane akan terima dengan tangan terbuka
    hehehehe :ngakak :peace

  11. aq mw jual E63 aq tuk gnti BB 8320,, kira” rugi gk ya??
    trus tuk BB 8320 bisa diisi tuk brpa aplikasi??
    bisa gk YM, FB,BBM, Twitter atif dlm wktu yg bersamaan??

    mohon infonya y
    galau gara” Hp
    hehehe
    soalnya aq gk gt ngerti soal BB

    • hhmm sebenarnya gak rugi2 amat, tapi ada bagusnya, kalau tabungannya ditambahin beberapa trus beli 8520 Curve, kalo 8320 agak berat banyak aplikasi yang jalan secara bersamaan, dulu punya sya jalan byk aplikasi dalam wktu yg bersamaan sering hang trus mati sendiri.. :D
      aplikasi di BB 8320 cuma bisa diinstal aplikasi sesuai dgn memori internal, cuma bisa dikit (menurut saya)..hehe

  12. mas mwu tnya nich.. klo bb 8320 klo misalkan batrenya dh lowbat jdi ngepek k sinyal ya… mslhnya pnya ane, klo batre lowbat dinyalnya lngsung off. mohon di bntu ya. hehehe

  13. Gan kenapa BB 8320 ku setiap buka aplikasi kamera atau video pasti eror dan selalu gax bisa di keluarkan aplikasinya terpaksa de gue buka pasang batre.. Kira2 itu penyakit apa ya?

    • memorinya internalnya yg kecil, prosesornya masih rada lambat..
      selebihnya itu ya baek2 aja kok..wlopun terkadang kalo ngetik tu berisik gtu karena keypadnya rada keras gann.. :D

      • q udah bli gan,, kira kalo pngen nginstall aplikasi terbatasnya cm pada memory internal’a aj ea? OS terbaru 8320’a 4.5 ea?

  14. Menurut gue bb curve 8320 sebanding ma nokia e63..mlh spesifikasi secara keseluruhan msh unggul nokia e63,lbh2 soal biaya..bagi gue keunggulan bb hny style n gaya..selebihnya sm dgn hp lain yg setara..kalo ga percaya boleh kalian bandingkan n cari info n reférinsi sbnyk2nya..krn q sndri pny bb curve 8320 ma nokia e63..n menurut gue nokia msh sdkt lbh unggul..@piss.

    • setuju dengan komentar bro Bejo..
      memang secara overall, penggunaan normal bisa lebih unggul Nokia E63..
      tapi tentu saja, Nokia E63 tidak akan bisa menyaingi kemampuan internet semua handheld blackberry yang mampu 7×24 jam online.. :)
      *tentu saja dengan mendaftar terlebih dahulu

  15. Numpang nanya Boz,.saya baru beli BB,yang saya tanyakan apakah BBku palsu atau second ya,soalnya di casing bagian bawah kq gk da tulisanya ya,.mhn pnlasannya.makash sblmnya.

  16. Numpang nanya Boz,.saya baru beli BB,yang saya tanyakan apakah BBku palsu atau second ya,pdhl aku bli baru,soalnya di casing bagian bawah kq gk da tulisanya ya,.mhn pnlasannya.makash sblmnya.

  17. kk’ mnta ptunjuknya…ni aq bru dpat hibah bb 8320 dr ortu mkanya msih blum pnglaman..aq mau nanya os 8320 bisa di upgrade g y??trus klu mislkan bisa pling tinggi smpe os brapa??tx b4 kk’

    • bisa diupgrade kok tu, bsa diupgrade sndri ato dbawa k konter hape yg nyediain jasa upgrade BB OS..
      yg sya tahu tu BB 8320 mentok ga bisa update k versi 5, dlu pnh dnger ad yg hybrid OSnya dgn bbrp bgian dri OS v5, tp ttp scra kseluruhan tampilanx ttp khas BB 83xx..

  18. Klo di terbitin laku jg tuch kayaknya man.hehehe pissssm
    Gni cuy 8230 wifi ane suka loding trus biasanya ane clear log pake tombol alt l alt g secra cepet, tp lumayan lodingnya agk ilangan tp biz itu ngeloding lg. Kira2 gmn y biar ga loding trus.. Thanks

  19. eh mau nanya dong bb 8320 sy suka lemot deh, suka loading terus. ini hp sy yang rusak atau gimana ya?sampe2 bwt buka bbm aja tuh lama bgt! harus nya saya gimana ya?rply plisss.thanks

  20. alo agan2 smw na..mo share dikit neh..sya pake 822o..cm kl lg jalanin aplikasi,suka hang trus restart sndiri..padahal udah d flash tu softwarenya..gmn solusinya supaya 8220 gw gak restart mulu..pake OS.versi brp yg cock..

    tq…
    by :boy pku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s